ADAKITANEWS, Blitar – Puluhan alat produksi pertanian jenis Handtraktor yang berada di halaman depan Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, siap dibagikan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Eko Priyo Utomo mengatakan, alat produksi pertanian bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut, berupa traktor, handtraktor, alat tanam, alat panen, pompa air dan lainnya. “Tidak hanya handraktor, tetapi ada beberapa jenis alat bantu pertanian lain yang akan mai bagikan,” ungkapnya, Sabtu (22/04).

Eko menuturkan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti terkait nominal bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut. Sebab, bantuan tersebut tidak berupa uang, melainkan berupa barang (Alat produksi pertanian) dan pihaknya hanya sebagai tempat untuk menyalurkan bantuan kepada petani di Kabupaten Blitar. “Pengadaan dan sumber anggaran dari pusat, kami hanya mengantarkan bantuan itu ke petani saja,” jelasnya.

Menurut Eko, tidak semua petani akan mendapatkan bantuan alat produksi pertanian. Sebab, bantuan tersebut nantinya akan dibagikan ke Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang masih aktif. Sedangkan gapoktan yang tidak aktif tidak akan menerima bantuan alat pertanian tersebut. “Hanya para petani yang tergabung dalam gapoktan yang masih aktif yang akan menerima bantuan, nantinya alat produksi pertanian akan dikelola Gapoktan dan digunakan bergiliran oleh anggota gapoktan,” paparnya.

Eko mengaku, saat ini pihaknya masih terus mendata gapoktan yang ada di Kabupaten Blitar. Hal ini dilakukan untuk membedakan gapoktan yang masih aktif dan tidak. Pendataan dilakukan dengan cara croscek langsung ke lokasi untuk melihat aktivitas gapoktan. Misalnya, apakah sering mengadakan kumpulan, sosialisasi dan lainnya. “Pegawai kami yang bertugas di lapangan sebagai pendamping atau penyuluh petani, akan mendata gapoktan yang layak menerima bantuan alat produksi pertanian,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Bantuan alat pertanian yang siap dibagikan kepada para petani, di depan Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)