ADAKITANEWS, Sidoarjo – Petugas gabungan dari Kecamatan Sedati dibantu aparat Polsek dan Koramil menggelar razia di kawasan Desa Sedati Gede Kecamatan Sedati, dekat landasan Bandara Udara Juanda Sidoarjo, Kamis (02/06) malam. Di salah satu lokasi yang disinyalir kerap dijadikan ajang pacaran anak muda, petugas menjaring puluhan anak di bawah umur keluar dari tempat gelap. Saat ditanya, mereka beralasan habis melihat pesawat.

Lokasi tanah lapang yang biasanya dijadikan lahan parkir tersebut memang tak memiliki penerangan sedikitpun. Petugas sengaja menyisir lokasi itu lantaran diduga kerap dijadikan ajang pacaran.

Seluruh pasangan yang keluar dari lokasi diperiksa identitasnya oleh petugas. Namun, lantaran masih berusia di bawah umur, mereka tidak bisa menunjukkan identitas diri. Petugas lantas menyita surat-surat kendaraan dan meminta mereka yang terjaring razia mengambilnya di kantor Kecamatan Sedati.

Saat diperiksa, salah satu pasangan anak-anak mengaku berada di lokasi itu lantaran usai melihat pesawat yang hendak landing di Bandara Internasional Juanda. “Ini tadi lihat pesawat,” ujarnya.

Selain menyisir lokasi-lokasi gelap, petugas juga melakukan razia di tempat kos serta penginapan. Meski tidak menemukan pasangan muda-mudi bukan suami-istri, petugas justru menemukan pasangan yang mengaku sudah kawin siri. Mengetahui hal tersebut, Camat Sedati, Hadi Mulyanto langsung menegur pemilik penginapan dan memperingatkannya agar tidak sembarangan menerima tamu. “Harus dicek dulu. Suami-istri atau bukan. Kalau seperti ini, nanti saya rekomendasikan untuk ditutup penginapan ini,” tegasnya.

Hadi Mulyanto mengatakan, razia kali itu digelar dalam rangka menciptakan situasi kondusif menjelang bulan Ramadan. Meski minim hasil, Hadi mengaku razia serupa akan terus dilakukan meski telah memasuki bulan puasa. “Kita akan razia terus. Bahkan meski sudah puasa,” pungkasnya.(kur)

Keterangan gambar: Petugas gabungan memeriksa kelengkapan identitas anak-anak yang kedapatan berada di tempat gelap di kawasan Desa Sedati Gede Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.(foto: kurniawan)