ADAKITANEWS, Kota Kediri – Puluhan pemuda yang mengatasnamakan diri Aliansi Feodaliant (Front Pemuda Peduli Veteran), menggelar kegiatan penggalangan dana bagi veteran, Rabu (08/11).

Acara bertajuk Ngamen Kanggo Veteran (Mengamen Untuk Veteran) yang digagas oleh Front Kebudayaan Rakyat, PANKRAMA, dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kediri ini sengaja digelar dalam rangka menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November, sekaligus memberikan perhatian terhadap para veteran di Kota Kediri.

Korlap Kegiatan, Dhurotul Elisa Sulistia Ningsih mengatakan, kegiatan penggalangan dana dengan cara mengamen ini dilakukan untuk menanamkan sikap nasionalisme kepada masyarakat, sekaligus juga mencegah penurunan sikap nasionalisme di kalangan pemuda.

“Ini wujud kepedulian kami terhadap nasib para Veteran khususnya di Kota Kediri yang memiliki nasib kurang beruntung. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai rakyat Indonesia yang hari ini menikmati tanah, air dan udara di Bumi Indonesia,” tegasnya.

Elisa, begitu ia akrab disapa, mengatakan bahwa Veteran merupakan sosok penting yang telah memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami Aliansi Feodaliant menyerukan kepada seluruh warga Kota Kediri, meminta kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan nasib para Veteran. Kedua, meminta kepada seluruh elemen masyarakat pro demokrasi untuk melek sejarah. Dan ketiga, meminta sumbangan kepada masyarakat dalam bentuk apapun untuk kemudian kita berikan kepada perwakilan Veteran yang ada di Kota Kediri,” jelasnya.

Rencananya, kegiatan Ngamen Kanggo Veteran ini akan kembali digelar hingga Jumat (10/11) mendatang, dan akan langsung diserahkan kepada para Veteran yang membutuhkan. Targetnya sendiri, sumbangan yang nantinya bisa diberikan berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.(kur)

Keterangan gambar: Kegiatan Ngamen Kanggo Veteran oleh para pemuda yang tergabung dalam Front Feodaliant.(foto: kurniawan/ist)