ADAKITANEWS, Blitar – Puluhan masyarakat petani gurami di Dusun Seduri Desa/Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar berkumpul di wisata endemik kampung gurami yang berada di Dusun tersebut, Rabu (16/08) pagi. Mereka melakukan upacara jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-72, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus besok. Uniknya, para petani melakukan upacara di kolam gurami yang ada di kampung gurami desa mereka.

Nurchanifah, 45, satu diantara warga yang mengikuti persiapan upacara mengaku, dirinya bersama puluhan warga lain melaksanakan upacara di kolam gurami ini dengan rasa bangga dan penuh suka cita. “Kita semua atas kemauan dan kesadaran sendiri. Kami merasa bangga bisa memeriahkan HUT Kemerdekaan ini,” katanya disela-sela persiapan, Rabu (16/08).

Mulai awal persiapan, kata Nurchanifah, tidak ada kesulitan dalam melakukan upacara di dalam kolam air ini. Karena menurutnya, mayoritas warga di Dusun Seduri adalah petani ikan gurami. “Kita berharap harga gurami tahun depan naik, karena tahun ini masih lemah. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat petani ikan gurami,” harapnya.

Sementara itu Kelompok Jaringan Sadar Wisata (Pokdarwis) Dusun Seduri, Imam Nawawi mengatakan, upacara yang akan dilakukan di kolam gurami ini merupakan luapan kebahagiaan atas Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-72. Menurutnya, kolam merupakan latar belakang profesi sebagian besar masyarakat Dusun Seduri Desa Wonodadi Kabupaten Blitar. Dimana sebagian besar masyarakat adalah petani gurami.

“Kita juga ingin menunjukkan bahwa kampung gurami ini merupakan wisata endemik. Jadi harapan kita, tidak kehilangan kekayaan sendiri,” ungkapnya dengan nada penuh semangat.

Lelaki yang juga penggagas wisata endemik kampung gurami ini berharap, keberadaan ikan gurami di Dusun Seduri Blitar ini segera dipublikasikan bahwa ini merupakan kekayaan negara Indonesia. “Jangan sampai terjadi klaim dari negara lain bahwa ikan gurami ini milik negara lain,” tegasnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Dusun Seduri Desa/ Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, Ikhsanuri mengatakan, bangga dengan cara petani gurami ini meluapkan suka citanya atas peringatan HUT RI ini. Meski melakukan upacara di dalam air, tetapi menurutnya tidak mengurangi rasa suka cita masyarakat petani gurami ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada sekitar 85 petani ikan gurami di Dusun Seduri mulai dari pembibitan maupun pembesaran, bahkan sampai di pemasaran. Hasil budidaya ikan gurami di Seduri sudah turun temurun,dalam sekali panen pertahun sekitar mencapai 385 ton. Dan bisa memenuhi kebutuhan pasar di kota besar seperti Surabaya maupun Jakarta.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana persiapan upacara warga Dusun Seduri Desa/ Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar di kolam gurami.(foto : fathan)