Puncak Bukit Banyon, Serasa Di Atas Awan

2015-08-30_11.35.44

ADAKITANEWS, Trenggalek – Wisata Bukit Banyon yang berada di Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur memiliki ketinggian 650 Meter dari permukaan laut. Berada di Bukit Banyon ini serasa mendapat sensasi berada di atas awan.

Destinasi wisatawan andalan Kabupaten Trenggalek ini hanya 10 Kilometer di selatan pusat Kota. Dengan lokasi yang mudah terjangkau, wisatawan akan disuguhi keindahan alam ciptaan Tuhan. Mulai dari pesona terbitnya matahari dan tenggelamnya sanh surya, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan di atas awan. Di atas bukit ini, wisatawan dapat melihat hamparan awan putih yang menyelimuti perkampungan dan gugusan pegunungan yang ada di wilayah Trenggalek.

Fahmi salah satu pengunjung dari Kediri mengaku berkunjung ke Bukit Banyon untuk libur akhir pekan bersama komunitasnya. Menurutnya, keindahan alam di Bukit Banyon ini sangat cocok sebagai baground pengambilan foto. “Malam hari kami niatkan untuk sampai sini (bukit banyon-red) sebelum jam 4 pagi. Supaya mendapat momen foto sunrisenya yang terbit sekitar jam setengah enam pagi (05.30 Wib) tadi,” ujar Fahmi.

Sementara Joko Waseso salah seorang warga Desa Widoro mengatakan selain lokasi yang dapat dijangkau dengan sepeda motor maupun kendaraan roda empat, wisatawan bisa masuk ke bukit dengan gratis. Karena, Pemerintah setempat belum menjadikan Puncak Bukit Banyon sebagai kawasan wisata. Oleh karena itu, para pengunjung bisa dengan leluasa menyaksikan keindahan alam tanpa harus membayar tiket masuk.

“Setiap akhir pekan seperti ini, selalu ramai pengunjung. Sayangnya, belum dikelola dengan baik kawasan ini,” jelasnya

Terpisah, perangkat Desa Widoro, Samsul Ma’arif mengatakan, kawasan kampung Banyon tersebut mulai ramai menjadi lokasi wisata warga, sejak setengah tahun terakhir. Destinasi ini menyebar ke masyarakat luas setelah beberapa orang mengabadikan keindahan puncak Banyon dan menyebarkan melalui¬†media sosial. Kini, pada akhir pekan banyak wisatan yang datang untuk berwisata.

Pihaknya mengaku memiliki rencana untuk mengembangkan kawasan Bukit Banyon sebagai lokasi wisata andalan. Namun rencana tersebut harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak terkait. Dimana, Perhutani sebagai pengelola kawasan tersebut “Tujuan kami, sedandainya dikembangkan mampu memnjadi motor penggerak roda perekonomian masyarakat di kampung Banyon,” terangnya.(dee/zay).

Recommended For You