AdaKitaNews Daerah Puting Beliung Porak Porandakan Alun-Alun Nganjuk

Puting Beliung Porak Porandakan Alun-Alun Nganjuk

ADAKITANEWSrobohf-Puting, Nganjuk – Angin puting beliung mengamuk di seputar alun-alun Nganjuk. Beberapa pohon tumbang hingga membuat sejumlah ruas jalan tertutup total. Pohon tumbang juga menimpa pagar masjid Jami’ Nganjuk. Pagar kantor Pemkab Nganjuk juga sempat tertimpa pohon. Puluhan tenda yang dipasang saat peringatan hari jadi Nganjuk ikut porak poranda disapu angin, Minggu (12/4).

Sejumlah pohon tumbang juga ditemukan di Jl Cokro Aminoto dan menimpa bangunan koperasi. Di Jl Abdurahman Saleh, pohon mangga tumbang menghantam pagar bangunan. Sedangkan di dekat gedung Balai Budaya, beberapa pohon tumbang menutup ruas jalan utama. Dikabarkan, sebuah pohon yang tumbang di Dusun Gajahbelor Desa Getas Kecamatan Tanjunganom sempat menimpa bangunan rumah.

Para petugas dari unsur Taruna Siaga Bencana (Tagana), Dinas PU Cipta Karya, Pramuka, TNI dan Polri bahu-membahu mengevakuasi pohon besar yang tumbang tersebut. Pohon-pohon tersebut dipotong-potong dengan menggunakan gergaji mesin.

Tidak hanya menumbangkan pohon dan memporak-porandakan puluhan tenda dan baliho peringatan hari jadi Nganjuk, angin puting beliung juga sempat merusak bangunan toko mebel yang ada di Jl Dermojoyo. Toko yang berada di dalam pasar sepeda ini rusak parah di bagian atap dengan panjang 50 meter dan lebar 6 meter.

Pemilik usaha mebel, Hendro,48, mengatakan, angin puting beliung datang dari arah utara menuju selatan dengan disertai hujan deras. Angin tersebut langsung menerbangkan atap toko mebel ini. “Angin berputar-putar selama hampir lima menit,” ujar Hendro kepada adakitanews.com.

Kordinator TAGANA Aris Trioefendy ¬†mengatakan, pihaknya langsung bergabung dengan instansi lain untuk melakukan evakuasi dan pengamanan beberapa akses jalan. “Kami selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam penanggulangan bencana,” terang Aris. (Jati).

Keterangan Gambar : Pohon disekitar alun-alun kota yang porak poranda dilanda puting beliung bersamaan dengan Ultah Kabupaten Nganjuk