@dakitanewsputing beliung 1puting beliung 3 Nganjuk – Angin puting beliung memporak porndakan empat kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Ribuan pohon roboh dan ratusan rumah hancur akibat terpaan angin yang disertai hujan deras. Selasa, (16/11).

Keempat kecamatan yang tertimpa bencana puting beliung ini yakni, Kecamatan Patianrowo, Kecamatan Sukomoro, Kecamatan Baron dan Kecamatan Tanjunganom. Sedikitnya terdapat 25 desa dan sekitar 300 rumah warga mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.

Kecangnya tiupan angin membuat dua kandang ayam, satu pabrik tahu dan puluhan rumah di Desa Nglundo dan Blitaran Kecamatan Sukomoro. Di Kecamatan Patianrowo, angin puting beliung merobohkan tembok pagar PG. Lestari. Bencana tersebut juga membuat jalur provinsi di Desa Nglundo macet total akibat terhalang pohon.

.Meski hanya berlangsung beberapa menit, bencana tersebut membuat warga trauma. Hingga kini, reruntuhan bangunan warga belum dibersihkan. Bantuan dari pihak pemkab maupun pihak terkait juga tampak berdatangan.

“Seolah masih belum puas, angin putting beliung juga menumbangkan ribuan pohon di areal hutan rakyat, mulai dari pohon Jati, pohon mahoni hingga pohon pisang seluas 15 hektar. Semua ludes dan tumbang,” Satiran, terang Kepal Desa Mabung.

Sementara, Soeko Yono Kepala BPBD Kabupaten Nganjuk menjelaskan, pihaknya masih melakukan pendataan dan evakuasi terhadap warga berdampak bencana. “Kerugian akibat bwncana ini masih kita identifikasi. Sementara kita juga melakukan evakuasi terhadap warga yang mebjadi korban bencana puting beliung,” ujarnya. (jati).