width=

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2017 diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri di Hotel Grand Surya, Kamis (23/03) malam. Dalam acara tersebut, juga diberikan Lencana Hasta Adhi Warta kepada 11 tokoh serta lembaga yang ada di Kota dan Kabupaten Kediri.

PWI Kediri menilai, para tokoh atau lembaga tersebut telah banyak memberikan jasa, serta maksimal dalam menjalankan tugas sesuai bidangnya.

Acara puncak HPN ini dihadiri oleh Ketua PWI Jawa Timur, Akhmad Munir, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, unsur TNI, Polri, dan beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Kota maupun Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Jawa Timur mengharapkan semua insan pers khususnya PWI Kediri dapat terus bekerja secara profesional dan meneguhkan kode etik. “Saat ini banyak berita hoax yang merugikan semua kalangan masyarakat maupun pemerintah. Semoga dengan peringatan HPN yang diselenggarakan oleh PWI Kediri ini dapat menjadikan insan pers yang lebih kompeten,” ujarnya.

Selain efek samping dari berita hoax sangat merugikan, kata Munir, bagi yang memberitakan hal tersebut juga mendapatkan dosa, lantaran sudah menyebarkan fitnah secara luas melalui berbagai media. “Bagi yang menyebarkan berita hoax itu mendapatkan dosa yang sangat besar, karena sudah mencoba untuk memfitnah seseorang dengan kejam,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri, dr Adi Laksono, salah satu dari 11 tokoh yang mendapatkan penghargaan Hasta Adhi Warta mengaku sangat berterimakasih atas anugerah yang diberikan oleh PWI Kediri.

Lencana Hasta Adhi Warta diberikan kepada Dinkes Kabupaten Kediri, lantaran dianggap mampu menekan angka kematian ibu saat melahirkan. “Tahun 2015 hampir 200 lebih angka kematian ibu beserta bayinya. Untuk tahun 2016 kami sudah berhasil menekan angka kematian tersebut hingga tidak sampai 100. Dalam hal tersebut untuk tahun ini kami akan terus berusaha untuk memperkecil angka kematian, karena itu memang tugas kami,” cakapnya.

Untuk diketahui, selain Dinkes Kabupaten Kediri, tokoh serta lembaga lain yang juga mendapatkan anugerah Lencana Hasta Adhi Warta adalah, Satlantas Polres Kediri, Kapolsekta Mojoroto Polres Kediri Kota, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri, Dinas Pendidikan Kota Kediri, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Rektor Universitas Islam Kadiri, PT Gudang Garam, Tbk., serta Alm Joko Prabowo (mantan wartawan Koran Memo).(kdr4)

Keterangan gambar : (atas) Ketua PWI Jatim saat memberi sambutan. Foto bersama dengan anggota PWI Jawa Timur.(foto:fasihhuddin kholili)