ADAKITANEWS, Tulungagung – Peran media sangat penting bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat meningkatkan penjualan. Arus globalisasi yang sudah sangat cepat, memaksa para pelaku UMKM untuk menyesuaikan diri di era digitalisasi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saat membuka seminar Pemanfaatan Media Untuk Meningkatkan Market UMKM, yang diprakarsai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulungagung, Jumat (08/12).

Maryoto mengatakan, media tersebut memiliki arti luas. Bisa media cetak, elektronik dan online, serta sosial media (sosmed). Ia menyatakan, apalagi di era digital yang serba cepat ini, dengan memanfaatkan sosmed, maka hambatan jarak, ruang dan waktu, serta harga barang, bisa diminimalisir

“Betapa dahsyatnya sosmed. Dengan sosmed, UMKM tidak lagi butuh ruang yang besar untuk memajang produknya. Dimana pun bisa membuka toko online. Waktu tanpa batas, bisa kapan saja dan dimana saja, tidak terhambat,” katanya.

Dalam seminar yang dihadiri ratusan pelaku usaha di Tulungagung ini, Maryoto Birowo mendorong percepatan di sektor UMKM melalui dinas terkait.

Di kesempatan yang sama, Dewan Pengurus Harian Sahabat UMKM, Richard Erlangga yang menjadi salah satu pembicara acara tersebut mengatakan, seorang pelaku UMKM jika ingin maju harus selalu mengasah pengetahuan dan insting bisnisnya.

“UMKM harus menguasai teknologi, termasuk internet. Karena ini sudah menjadi sebuah tuntutan. Sekarang ini jarak tidak lagi menjadi hambatan,” ujarnya.

Richard menambahkan, pemanfaatan media secara online memiliki dampak positif bagi pengembangan UMKM, terutama dalam pemasaran. Imbasnya tidak hanya berhenti disitu, akhirnya jasa kurir juga berkembang.

Richard menyebut, saat ini tidak ada hambatan lagi terkait jarak mengirim barang. Hal itu karena sudah banyak perusahaan jasa kurir yang mengantar barang dengan harga murah, dan cepat sampai ke konsumen.

“Jangkauan pemasaran pun bisa global. Tenaga kerja juga bisa dimanfaatkan dengan efektif dan efisien,” kata Richard.(ta1)

Keterangan gambar : Pelaku UMKM Tulungagung di Seminar Pemanfaatan Media Untuk Meningkatkan Market UMKM.(foto : acta cahyono)