width=

ADAKITANEWS, Blitar – Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usulan eksekutif saat ini sedang diproses oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Blitar. Salah satunya adalah tentang pengendalian minuman beralkohol (minol).

Ketua Pansus 3 DPRD Kabupaten Blitar, Wasis Kunto Atmojo mengatakan, proses Raperda tentang pengendalian minol ini menjadi atensi tersendiri bagi Pansus 3. Mengingat minuman beralkohol menjadi suatu hal yang sensitif di Kabupaten Blitar. “Saat ini prosesnya sudah pada tahap finalisasi, dimana pekan lalu kami telah memanggil Disperindag selaku pengusul Raperda, Dinas Penanaman Modal dan PTSP karena juga berkaitan dengan perizinan, dan Satpol PP sebagai penegak Perda,” kata Wasis, Jumat (24/03).

Wasis menjelaskan, saat rapat kerja dengan Dinas terkait, sebenarnya semuanya menginginkan pelarangan peredaran minol. Namun hal itu tampaknya tidak bisa terwujud lantaran terbentur aturan diatasnya. “Setelah rapat kerja itu, kami langsung berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Disana dipertegas bahwa berdasarkan Perpres nomor 74 tahun 2013 dan Permendag nomor 20 tahun 2014, maka Raperda itu sifatnya hanya mengendalikan serta mengawasi dan tidak bisa melarang peredaran minuman beralkohol,” jelasnya.

Namun demikian menurut Wasis, di dalam klausul Perda yang telah dibahas, jika melihat draftnya maka potensi peredaran jenis minol ini sudah tertutup. “Jika mengacu pada aturan diatasnya tadi, maka penjualan minol jenis tertentu hanya ada di tempat tertentu seperti di hotel bintang 3. Sementara di Kabupaten Blitar sendiri tidak mempunyai hotel bintang 3. Selain itu juga mengatur jarak penjualan yang tidak diperbolehkan dekat tempat-tempat tertentu seperti rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, dan tempat Pemerintahan,” pungkas Wasis.

Wasis menambahkan, rencananya pihaknya akan mengundang steakholder yang ada di Kabupaten Blitar termasuk PC NU, Muhamadiyah, MUI, FKUB, serta bagian hukum. “Saya yakin dalam pertemuan nanti tidak akan ada kendala dalam pembahasan Raperda ini. Meskipun beda yang diharapkan, namun sebenarnya rohnya sama,” tambahnya.(blt2)

Keterangan gambar: Wasis Kunto Atmojo, Ketua Pansus 3 DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)