2016-05-11_19.18.36ADAKITANEWS, Ponorogo – Ratusan warga Dusun Blimbing Desa/Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo mengembalikan beras untuk rakyat miskin (raskin) ke Balai Desa setempat, Rabu (11/05) siang. Mereka meminta agar raskin tersebut diganti baru dan baik. Pasalnya, mereka menerima raskin dengan kualitas buruk.

Pantauan tim adakitanews.com, ratusan warga dengan dipimpin oleh tokoh dusun setempat dengan mengendarai motor sembari membawa beras yang sudah mereka terima. Jemangin salah satu warga mengungkapkan, warga menerima beras dengan banyak kutu, warna menguning hingga banyak menir.

“Kami tidak menuntut apapun, selain raskin yang diterima warga Dusun Blimbing, yang berkualitas buruk diganti raskin kualitas baik. Kami anggap beras itu tidak layak dikonsumsi manusia. Kami juga membawa contoh beras. Hanya itu saja permintaan warga Dusun Blimbing,” ujar Jemangin.

Kondisi itu langsung dilaporkan Kepala Desa (Kades) Sukorejo kepada pihak terkait, Bulog Sub Divre Ponorogo, unsur Muspika hingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo. Seluruh pihak datang ke Balai Desa Sukorejo untuk melihat dan melakukan mediasi dengan warga Dusun Blimbing. Meski, hasil pengecekan tidak seluruh Raskin untuk Desa Sukorejo jelek, namun Bulog menjanjikan akan mengganti total.

Hasilnya, Wakil Kepala Bulog Sub Divre Ponorogo, Joko Santoso menyatakan siap menganti seluruh raskin sebanyak 234 zak atau 3,5 ton lebih untuk Desa Sukorejo. “Kami siap menganti seluruh raskin untuk Desa Sukorejo, bukan khusus Dusun Blimbing saja. Hari ini juga langsung diangkut lagi, untuk diganti lebih baik,” ujarnya.

Menerima penjelasan itu, warga Dusun Blimbing menyambut gembira dan berjanji tetap melakukan pengecekan lagi. Tidak lama berselang, raskin penganti datang dan warga penerima melakukan pengecekan dan merasa puas.

“Jika masih ada beras yang jelek, kami siap mengganti, agar warga penerima raskin puas. Raskin ini dari gudang Bulog di Kecamatan Babadan, gantinya bisa dipastikan baik,” imbuh Joko Santoso.(Uk)

Keterangan Gambar : Sejumlah warga Dusun Blimbing Desa/Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, menunjukkan raskin kualitas jelek di hadapan unsur Pemkab Ponorogo, Muspika Sukorejo dan Bulog Sub Divre Ponorogo.(Foto: Agoes Basoeki)