Ratusan Calon Panwas Ikuti Tes Serentak

ADAKITANEWS, Kediri – Tes tulis calon peserta panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten maupun Kota dari berbagai daerah dilakukan secara serentak di Gedung Bhagawanta Bhari, Jalan Pamenang Kabupaten Kediri, Kamis (13/07).

Para peserta, datang dari berbagai daerah mulai Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Trenggalek.

Para peserta mengikuti tes selama 2 jam mulai pukul 10.00 WIB. Mereka, diwajibkan menjawab 100 pertanyaan pilihan ganda dan 5 soal esai. Untuk membuktikan bahwa para peserta melakukan tes sendiri, panitia meminta para peserta mengeluarkan identitas kartu tanda penduduk, dan panita mencocokkan wajah dengan kartu identitas yang dimiliki.

Moh Rofi’an, salah satu peserta dari Kabupaten Kediri mengaku beberapa pertanyaan yang telah ia jawab mengenai undang-undang tentang penyelenggaraan pemilu, sistem pengawasan pemilu, serta penyelesaian perselisihan pemilu.

“Tadi diberi waktu dua jam. Alhamdulillah bisa mengerjakan dengan lancar, di pertanyaan esai tadi ada soal tentang problem solving ketika ada sengketa pemilu. Kebetulan background pendidikan saya hukum jadi tidak kesulitan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Fatkul, peserta asal Malang. Ia mengatakan, pertanyaan yang ada di dalam lembar soal berisi mengenai peran bawaslu dari pusat hingga panwaslu kabupaten maupun kota.

“Persiapannya kemarin belajar otodidak. Baca sekilas bawaslu itu apa dan tentang undang-undang pemilu,” cakapnya.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Seleksi, Imam Fahrudin, nanti dari peserta yang ikut akan difilter menjadi 12, kemudian menjadi enam dan akhirnya dipilih tiga orang.

“Jadi nanti yang akan ditetapkan menjadi panwaslu Kabupaten maupun Kota tiga orang,” tuturnya.

Sementara itu untuk diketahui, tes tulis ini merupakan tindak lanjut dari hasil verifikasi administrasi para bakal calon panswas yang dikirim ke Kesbangpol Provinsi Jawa Timur. Dalam tes tulis ini dibagi menjadi empat zona. Masing-masing zona satu berada di kampus Universitas Jember, zona dua di Kampus Universitas Negeri Surabaya, zona tiga di gedung Bhagawanta Bhari Kabupaten Kediri dan zona empat di gedung pertemuan Kecamatan Karto Harjo Kota Madiun.(udn)

Keterangan gambar : Tes tertulis calon panitia pengawas pemilu.(ist)

Recommended For You