ADAKITANEWS, Jombang – Konflik internasional yang melanda negara Palestina belakangan ini telah menjadi perhatian dunia, khususnya masyarakat di Indonesia. Perhatian terhadap konflik di Palestina tersebut salah satunya terlihat saat ratusan jemaah umroh yang akan berangkat menuju tanah suci Makkah, Sabtu (16/12).

250 jemaah yang akan menunaikan umroh tersebut, sebelum diberangkatkan terlihat dikumpulkan di kantor KBIH Thoriqul Jannah di Desa Mojongapit Kecamatan/Kabupaten Jombang. Di lokasi itu seluruh jemaah memanjatkan doa untuk keselamatan, serta untuk warga Palestina.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Jombang, KH Abdul Adhim Dimyati menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan ibadah umroh kali ini ada doa yang khusus dipanjatkan untuk Palestina. Menurutnya, sesama umat Islam memiliki tanggung jawab bersama untuk saling menolong dan mendoakan.

“Sesama manusia apalagi dengan saudara seiman harus saling membantu dan mendoakan. Ya semoga dengan 250 jemaah yang akan menunaikan ibadah umroh kali ini, doa yang dipanjatkan untuk saudara kita di Palestina bisa dikabulkan oleh Allah,” tutur KH Abdul Adhim Dimyati.

Tidak cukup doa yang dipanjatkan saat berangkat umroh, KH Abdul Adhim Dimyati juga meminta kepada seluruh jemaah umroh yang tergabung dalam KBIH Thoriqul Jannah agar mendoakan Palestina ketika menunaikan ibadah umroh di setiap tempat yang akan dikunjungi. “Saya meminta kepada 250 jemaah agar di tanah suci nanti tidak lupa untuk mendoakan saudara kita di Mekkah,” imbuhnya.

Sementara, KH Abdul Adhim Dimyati berpendapat bahwa keputusan yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat terkait pengakuan Yarussalem sebagai Ibukota Israel mendapat kecaman dari Kyai asal Pondok Pesantren Darul’Ulum Rejoso. “Menurut saya keputusan Presiden Amerika ini keliru. Israel tidak punya wewenang terhadap Yarussalem. Maka dari itu, seluruh umat muslim maupun organisasi Islam harus bèrsatu untuk membela Palestina,” pungkasnya.(adv/kbih.thoriquljannah/ar)

Keterangan gambar: Ratusan Jemaah Umroh dari KBIH Thoriqul Jannah Jombang saat berdoa untuk Palestina. (bawah) Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Jombang, KH Abdul Adhim Dimyati.(foto:adi rosul)