Ratusan Ribu Kades se Indonesia Aksi Damai di Gedung DPR RI

Kepala Desa melaksanakan orasi di Depan Gedung DPR RI Senayan Jakarta Pusat.

Jakarta(adakitanews.com)—Ratusan ribu perwakilan Kepala Desa se Indonesia melakukan aksi damai di depan Gedung DPR RI, Senayan Jakarta Pusat, Selasa pagi (17/1/2023).

Para Kades ini mengajukan tuntutan terkait perpanjangan masa jabatan Kades yang sebelumnya satu periode adalah 6 tahun menjadi 9 tahun.

Tuntutan ini diajukan karena menganggap masa jabatan Kades 6 tahun kurang efektif atau untuk pembangunan desa berkelanjutan.

Selain itu juga terkait kondusifitas di setiap desa. Dikarenakan dalam Pilkades sangat rentan terhadap gesekan antar warga.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kabupaten Kediri Imam Jami’in, menyampaikan pagi ini depan gedung DPR RI sudah penuh oleh massa Kades yang datang dari berbagai provinsi.

“Saat ini situasi kondusif namun Ini masih banyak sekali para Kades yang datang. Di depan gedung DPR RI penuh para Kades,”ucap Imam Jami’in.

Meski massa berjumlah sangat banyak, menurut penuturan Imam Jamiin massa aksi ini tertib dan disiplin serta mematuhi aturan untuk tidak bertindak anarkis.

“Kades dari NTB, Bali, Sumatera dan provinsi lainnya datang. Para Kades juga melaksanakan tanda tangan petisi agar disetujui,”bebernya.

Imam Jamiin mengatakan, alur aksi damai hari ini yakni para Kades yang terbagi dalam beberapa tim akan melakukan orasi di depan gedung DPR RI.

Selanjutnya, perwakilan Kades dari masing-masing provinsi akan masuk ke gedung DPR RI untuk melakukan perundingan.

“Saat ini ada perwakilan Kades yang sudah ditunjuk setiap provinsi untuk konsolidasi langsung dengan anggota dewan. Kami lainnya menunggu hasil keputusan di depan,” kata Imam Jamiin.

Dari hasil konsolidasi tersebut, lanjutnya, akan menentukan rencana aksi para Kades ke depan. Apabila hasil konsolidasi yang dilakukan sesuai dengan yang diharapkan, para Kades akan langsung membubarkan diri dengan tertib.

“Namun jika tidak sesuai dengan harapan dan tuntutan kami, maka kami akan menggelar aksi damai lagi esok hari. Tentunya dengan tertib juga,” bebernya.

Imam Jamiin berharap, di hari pertama aksi damai ini para Kades bisa mendapatkan hasil sesuai yang mereka usulkan.

“Semoga nanti hasilnya sesuai harapan, sehingga kami bisa langsung pulang,” pungkasnya.(Gar).

Recommended For You