Ratusan Sampah Kondom Berserakan, RTH Jombang Diduga Jadi Ajang Mesum

ADAKITANEWS, Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang dinilai tidak seirus dalam menekan penyebaran virus HIV/AIDS di wilayahnya. Ini dibuktikan dengan maraknya praktik prostitusi terselubung di sejumlah fasilitas umum milik Pemkab setempat, seperti di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Keplaksari.

Taman yang dikelola Dinas PU Cipta Karya dan Taman Kota ini dikeluhkan masyarakat karena kerap dijadikan ajang mesum oleh pasangan muda-mudi. Bahkan, di lokasi setempat nampak berserakan ratusan kondom bekas yang dibuang begitu saja oleh para penggunanya.

Salah satu tokoh masyarakat, Aan Anshori mengaku prihatin dengan kondisi itu. Sebab kata dia, tidak menutup kemungkinan di tempat umum lainya juga bernasib sama dengan RTH Keplaksari itu. Diduga hal tersebut merupakan dampak dari penutupan sejumlah lokalisasi di beberapa wilayah serta rendahnya.

“Siapa yang bisa menjamin misalkan praktik-praktik ini tidak semakin menyebarkan virus HIV/AIDS dimana Jombang sendiri merupakan Kota yang menempati ranking kedua terbanyak penderita HIV/AIDS,” kata Aan Anshori, Jumat (05/08).

Sejumlah sumber di lokasi yang enggan disebutkan identitasnya membenarkan bahwa di RTH tersebut kerap dijadikan ajang mesum. Selain minimnya lampu penerangan dan petugas keamanan, lokasi taman juga jauh dari keramaian sehingga dianggap cukup aman dan strategis untuk berbuat hal negatif.

Aan Anshori berharap dinas terkait segera bertindak tegas dan memperkuat kesadaran masyarakat terkait budaya dan cara membuang sampah yang benar. Selain itu, pemerintah juga diminta lebih meningkatkan kontrol pengendalian penyebaran HIV/AIDS.

Sementara hingga saat ini Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Taman Kota Kabupaten Jombang belum bisa dikonfirmasi saat dihubungi melalui ponselnya terkait hal ini.(Tari/Jati)

Keterangan gambar: Sampah Kondom nampak berserakan di salah satu sudut Ruang Terbuka Hijau (RTH) Keplaksari, Jombang.

Recommended For You