Ratusan Warga Kota Kediri Sosialisasikan Perda Nomor 03 Tahun 2015

1102

2015-12-06_13.56.55ADAKITANEWS, Kota Kediri- Lebih dari 400 warga Kota Kediri yang menyebut dirinya sebagai “Pendekar Sampah” tumpah ruah di jalan-jalan Protokol Kota Kediri, Minggu (06/12). Ratusan warga ini turut berpartisipasi pada sosialisasi Peraturan Daerah(Perda) Pemerintah Kota Kediri Nomor 3 tahun 2015.

Data yang dihimpun tim adakitanews.com, para pendekar sampah yang terdiri dari anggota Mapala, Pramuka, dan seluruh masyarakat Kota Kediri yang peduli lingkungan serta kebersihan tumpah ruah. Mereka berkumpul di halaman balai Kota untuk melakukan long much di jalan-jalan Kota Kediri untuk mensosialisasikan Perda Pemkot Kediri Nomer 3 Tahun 2015.

“Pendekar Sampah akan turut andil dalam sosialisasi perda Nomor 3 Tahun 2015 tentang aturan pembuangan sampah pada tempatnya,”ungkap Eko Budi Santoso Kasi Kebersihan  Jalan dan Gorong DKP Kota Kediri.

2015-12-06_13.56.29Menurut Eko Budi Santoso, kegiatan tersebut merupakan sebuah langkah yang diambil Pemkot Kediri dalam penerapan kebersihan guna kenyamanan Kota. Dirinya menambahkan, sejauh ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan(DKP) Kota Kediri sudah menjalin kerja sama dengan Satpol PP setempat untuk menindak para warga yang kedapatan  membuang sampah secara sembarangan dan bukan pada tempatnya.

“Kami sudah bekerja sama dengan Satpol PP untuk menindak warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan,”jelasnya.

Eko Budi Santoso menjelaskan, para warga yang kedapatan membuang sampah secara sembarangan akan dikenai sanksi uang sebesar Rp. 200 ribu. Apabila tidak mau akan disanksi membersihkan badan jalan disisi kanan serta kiri di tempat-tempat keramaian publik seperti pasar, dan mall.

“Sanksi uang sebesar Rp. 200 ribu, apabila menolak maka akan dikenai sanksi bersih-bersih tempat keramain publik,” tuturnya.

2015-12-06_13.59.37Sementara Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri diberbagai kesempatan selalu menekankan pentingnya sebuah kebersihan Kota demi kenyamanan bersama.

“Kami berharap DKP akan menindak para pembuang sampah di sembarang tempat sesuai perda yang ada,” ujar mas Abu sapaan akrab Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri.(adv/hms/blot)

Keterangan Gambar : “Pasukan sampah” saat mengkampanyekan hidup bersih tanpa sampah sembarangan