width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Puluhan santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Desa Pilang Wetan Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo menggelar acara doa bersama dan nonton bareng (nobar) film kemerdekaan dalam rangka peringatan Haul Bung Karno ke-46, Jumat (17/06).

Kegiatan yang diawali dengan salat gaib dan dilanjutkan pembacaan surat yasin serta istighosah sengaja ditujukan kepada salah satu Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno. Tidak hanya itu, para santri juga berdoa untuk para pejuang bangsa, para ulama dan pendiri Nahdlatul Ulama.

“Melalui momentum Haul Bung Karno yang diperingati setiap tanggal 26 Juni dan bulan suci Ramadan ini, para santri dan generasi penerus bangsa diharapkan bisa membangkitkan semangat berjuang mereka untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Ustaz Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Didik Purwanto.

Ustaz Didik menambahkan, kegiatan Haul Bung Karno ini juga merupakan wadah untuk mengenang dan memotivasi diri melalui perjalanan hidup, semangat serta keteguhan dari perjuangan Bung Karno mulai dari zaman pergerakan hingga zaman kemerdekaan.

“Saya mengajak warga Sidoarjo bahkan seluruh warga Indonesia untuk terus memiliki jiwa seperti Ir Soekarno yang sangat menghargai dan menjaga tanah air Indonesia. Mari kita junjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa,” ajaknya.

Di akhir acara, para santri juga menggelar acara nonton bareng film kemerdekaan untuk lebih mengenalkan mereka tentang bentuk-bentuk perjuangan dalam masa kemerdekaan.(kur)

Keterangan Gambar: Santriwan dan santriwati Ponpes Roudlotul Ulum saat berdoa dan menggelar istighosah dalam acara peringatan Haul Bung Karno.(ist)