width=

ADAKITANEWS, Nganjuk – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menggelar razia kendaraan di Jalan Raya Kediri-Nganjuk, dengan sasaran kendaraan barang, angkutan umum, hingga travel, Selasa (14/03) pagi.

Kasi Pengendalian Operasional Dishub Jatim UPT Kediri, Eko Irianto mengatakan razia dilakukan untuk ketertiban dan kesadaran, serta keselamatan jalan. Tidak hanya itu, razia juga digelar lantaran banyaknya keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan. “Razia ini dilakukan terkait ketertiban, kesadaran, serta kelayakan jalan. Juga karena banyaknya keluhan soal jalan rusak dimana-mana,” ujarnya saat ditemui di lokasi razia.

Pantauan Tim Adakitanews.com di lapangan menyebutkan, hingga sekitar pukul 10.00 WIB, sudah 17 kendaraan yang terkena tilang. Terkait pelanggarannya, Eko menjelaskan diantaranya soal ukuran dimensi yang tidak sesuai dengan muatan, uji kelayakan kendaraan kendaraan, hingga surat-surat kelengkapan. “Ada bus yang trayeknya habis, ada juga travel yang seharusnya berplat kuning, tapi ternyata berplat hitam. Itu kan sudah melanggar aturan,” imbuhnya.

Razia serupa rencananya juga akan digelar di beberapa tempat selama dua kali dalam sebulan. Harapannya, masyarakat khususnya para pengemudi kendaraan umum bisa lebih menaati aturan-aturan yang ada, serta tidak ada lagi keluhan dari pengguna jalan lainnya.

Untuk diketahui, selain melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan, razia juga diikuti oleh beberapa personel dari pihak Kepolisian serta Denpom.(kur)

Keterangan gambar: Razia kendaraan umum di Jalan Raya Kediri-Nganjuk.(foto: kurniawan)