ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan, dari jumlah total 220 desa di Kabupaten Blitar, saat ini tengah dalam tahap akhir penyerapan 60 persen Dana Desa (DD) yang sudah diterima sebelumnya. Sementara data untuk penyerapan anggaran secara keseluruhan, rata-rata sudah mencapai sekitar 80 persen.

“Hal ini sudah melebihi target, dimana pada bulan Agustus targetnya kan sebesar 75 persen,” katanya, Sabtu (02/09).

Menurutnya, untuk pencapaian proyek fisik juga sudah mencapai 70 persen dari target minimal 50 persen. Dijelaskannya, bahwa yang harus dilakukan masing-masing desa saat ini adalah pelaporan penggunaan DD, baik secara manual ke Dinas PMD atau secara online ke Pemerintah Pusat.

“Kita sudah targetkan sebelum pencairan DD tahap kedua pada bulan September ini, realisasi penggunaan DD tahap pertama sudah lebih dari 90 persen,” jelasnya.

Mujianto menambahkan, beberapa desa memang sudah ada yang mencapai realisasi 90 persen, namun ada beberapa desa yang masih 75 persen. “Dari beberapa DD tentunya sudah ada yang jauh melampaui target. Tapi ada yang masih dibawahnya,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)