Regulasi Penindakan Kendaraan Overload, DPRD Sepakat Konsultasi ke Kemenhub

ADAKITANEWS, Blitar – Setelah mengamati beberapa ruas jalan di Kabupaten Blitar, DPRD akhirnya menyimpulkan bahwa penyebab rusaknya jalan yang paling utama adalah kendaraan yang memuat barang melebihi tonase.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Nur Fathoni saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar, Selasa (11/04) siang.

“Pada pertemuan tadi memang dibahas penyebab rusaknya jalan. Memang ada beberapa faktor, selain dikarenakan faktor cuaca, juga dipengaruhi oleh banyaknya kendaraan yang mengangkut barang melebihi tonase,” katanya.

Fathoni menuturkan, untuk menindak kendaraan yang melebihi tonase ini, pihak Dishub memang tidak mempunyai kewenangan, sehingga perlu regulasi yang tepat agar kendaraan yang melebihi tonase ini bisa langsung ditindak. “Selama ini yang menindak adalah pihak kepolisian. Padahal yang mengetahui jika kendaraan itu melebihi tonase adalah Dishub. Untuk itu kami sepakat akan berupaya melakukan konsultasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menentukan regulasi yang tepat,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, Toha Mashuri menyatakan, pihaknya saat ini sudah mempunyai timbangan portable untuk menimbang kendaraan yang mengangkut barang. Namun pihaknya tidak berhak menindaknya, karena tidak ada aturan ataupun regulasi untuk menindaknya. “Kami sudah punya timbangan portable, yang tadi juga kita lihat bersama DPRD bagaimana menggunakannya. Tetapi memang kami tidak bisa menindak kendaraan yang memuat melebihi tonase. Untuk itu kami memang sepakat dengan DPRD untuk segera konsultasi kepada Kementerian Perhubungan untuk meminta regulasi aturan yang tepat,” papar Toha.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana Rapat Kerja DPRD bersama Dishub di Kantor Dishub Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Recommended For You