ADAKITANEWS, Jombang – Meski sebelumnya sempat ada sejumlah kader partai dari 16 Pengurus PAC PDIP di Kabupaten Jombang yang menanyakan kejelasan dari rekomendasi untuk Pilbup Jombang, hal tersebut akhirnya terjawab dengan turunnya rekomendasi PDIP kepada pasangan Kombes Pol Syafi’in sebagai Calon Bupati, dan Choirul Anam sebagai Calon Wakil Bupati Jombang dalam Pilkada 2018.

Kabar rekomendasi tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Jombang, Marsaid saat berada di Hotel Yusro setelah melakukan rapat koordinasi dengan pengurus partai koalisi dan pasangan calon.

Marsaid mengungkapkan bahwa rekomendasi yang diberikan oleh DPP PDIP kepada Syafi’in-Choirul Anam merupakan jawaban dari dinamika politik yang selama ini terjadi.

“PDI Perjuangan yang jelas di dalam Dewan Pimpinan Cabang sudah melakukan proses tahapan, Alhamdulilah yang melakukan pendaftaran ada 10, dengan 5 mencalonkan Bupati dan 5 mencalonkan Wakil Bupati. Dan dari pertimbangan dari dinamika politik kemarin yang begitu dinamis, sehingga DPP menjatuhkan pilihan yang terbaik untuk partai yaitu Kombes Syafiin dan Choirul Anam sebagai Bupati dan Wakil Bupati,” beber Marsaid saat diwawancarai Tim Adakitanews.com, Kamis (04/01) malam.

Marsaid mengatakan bahwa rekomendasi tersebut secara resmi disampaikan langsung oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur kepada pengurus DPC PDIP Kabupaten Jombang dan beberapa partai koalisi di Surabaya.

“Surat rekomendasi tetap berada di DPP, tetapi ini sudah ada pengumuman resmi dari DPD PDIP Jawa Timur bahwa untuk disampaikan oleh DPC PDI-P Kabupaten Jombang dan Pimpinan Partai Hanura, PKPI serta PBB, secara resmi PDIP sudah merekomendasi Kombes Pol Syafi’in dan Choirul Anam sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Jombang,” ungkap Ketua DPC PDIP Jombang.

Terpisah, Kombes Pol Syafi’in saat ditemui di lokasi yang sama menyampaikan rasa terima kasih kepada para partai pengusung yang menjatuhkan rekomendasinya kepada dirinya untuk maju dalam Pilkada 2018 di Kabupaten Jombang.

“Terima kasih atas dukungannya dalam hal ini, hari ini saya diberikan mandat untuk diusung menjadi calon Bupati dan Mas Choirul selaku Calon Wakil Bupati Jombang. Saya ucapkan terima kasih pada partai yang telah mengusung saya, khususnya masyarakat Jombang saya mohon doa restu,” ujarnya

Kombes Pol Syafi’in juga mengatakan akan segera melakukan koordinasi dengan partai pengusung untuk menyusun visi dan misi yang akan dibawanya.

“Visi misi saya nantinya akan saya koordinasikan dengan PDIP, yang mana saya sudah punya sembilan program unggulan untuk masyarakat Jombang. Namun karena PDIP juga mempunyai visi misi, jadi akan saya konsultasikan dengan partai pengusung yaitu PDIP dan Partai Hanura dan partai pengusung lainnya bagaimana program ini bisa bersinkronisasi bermanfaat untuk masyarakat Jombang,” pungkas Kombes Pol Syafi’in.(ar)

Keterang gambar: Rapat koordinasi PDI-P dengan sejumlah partai koalisi dan pasangan calon di Hotel Yuaro. (bawah) Calon Bupati Jombang dari PDIP, Kombes Pol Syafi’in saat diwawancarai.(foto:adi rosul)