Kediri(adakitanews.com)—Satreskrim Polres Kediri menggelar rekonstruksi atas kasus Pembunuhan Sopir Grab asal Desa Weduro Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, Mohammad Kholis (31), Rabu (3/3/2021).

Dalam kegiatan rekonstruksi ini total ada 28 adegan yang diperagakan oleh Tersangka Himawan Eka Febrianto (25) warga Polorejo Desa/Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Rekonstruksi dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Mohammad Iskandar dan Kasatreskrim Polres AKP Gilang Akbar serta kuasa hukum tersangka.

Dalam adegan rekonstruksi ini jasad korban sebelum dibuang di parit persawahan Desa Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, dibunuh oleh pelaku menggunakan pisau dapur di pinggir jalan raya Desa Sumberejo dan Desa Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri.

Kasatreskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar saat di lokasi mengatakan bahwa rekonstruksi dilakukan untuk melengkapi berkas dari perkara.

“Saat ini kita lakukan rekonstruksi mulai dari tersangka menusuk korban hingga buang mayat di sawah,” ucap AKP Gilang.

Dalam rekonstruksi tidak ada hal yang baru. Peragakan yang dilakukan oleh pelaku semuanya sudah sesuai dengan BAP (Berita Acara Perkara) yang dibuat sebelumnya.

“Sudah sesuai semuanya, oleh karena itu kita ajak dari kejaksaan untuk mengsingkronisasi adegan tersangka yang ada di BAP,” ucap Kasatreskrim Polres Kediri.

Sementara itu dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Mohammad Iskandar menyampaikan bahwa semua rekontruksi berjalan obyektif dan tidak ada unsur paksaan.

“Masih ranah penyidikan polisi, saya sebagai Jaksa Peneliti memastikan rekonstruksi berjalan secara obyektif. Apa yang diterangkan tersangka telah difoto dan tanpa paksaan,” singkatnya.

Seperti diketahui sebelumnya, tersangka Himawan Eka Febrianto bunuh sopir taxi online asal Pasuruan dengan modus tawarkan uang 400 ribu ke korban untuk antar ke Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.

Tersangka menyiapkan pisau dapur dari rumahnya di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan sebelum bertemu korban di Terminal Pandaan.

Karena di area perbatasan Kediri, korban dibunuh di pinggir jalan raya Desa Sumberejo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Pasalnya diketahui tersangka Himawan Eka Febrianto juga mempunyai rumah dan lahir di Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.

Alasan tersangka mengaku bahwa terpaksa melakukan aksinya ini karena sedang terlilit hutang di salah satu bank swasta di Indonesia.(gar).