Rekrutmen PPS, KPU Kediri Tegaskan Tak Terpengaruh Adanya Titipan

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Devisi SDM dan Sosdiklih Parmas, Nanang Qosim.

Kediri(adakitanews.com)—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri akan melaksanakan tahapan seleksi rekrutmen anggota peserta panitia pemungutan suara (PPS) pada Jumat (6/1/2023).

Calon PPS ini untuk mengikuti tahapan seleksi harus lolos administrasi. Selain itu disyaratkan juga harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil.

Dalam pelaksanaan rekrutmen anggota PPS sangat rawan adanya titipan atau rekomendasi dari Parpol bahkan pihak orang lain.

Komisioner KPU Devisi SDM dan Sosdiklih Parmas, Nanang Qosim mengatakan tak menampik jika masih ada beberapa pihak yang datang ke KPU menitipkan calon untuk direkomendasikan menjadi anggota PPS terpilih. Namun, pihaknya enggan menyebut apakah dari partai tertentu atau organisasi maupun perseorangan.

“Potensi titipan tetap ada, Namun secara sistematika harus dijalankan semua tahapan oleh peserta, kita jelaskan seperti itu, semisal kalau dia gugur pada tahap pertama tes tulis, otomatis tidak akan lolos ke tahap berikutnya,” kata Qosim, Rabu (4/1/2023).

Qosim menyampaikan, selama peserta tersebut memenuhi tahap seleksi dan berkualitas, maka itu yang akan terpilih menjadi anggota PPS pada pemilu 2024 di Kabupaten Kediri.

“Selama dia daftar dan memenuhi syarat saat mengikuti tes dan lolos ya tentunya kami terima,”ucapnya.

Qosim menegaskan jika tidak akan terpengaruh dengan adanya rekomendasi atau titipan calon dalam pendaftaran peserta PPS (panitia pemungutan suara).

“Sekali lagi kami tegaskan untuk titipan tersebut tidak akan berpengaruh pada proses dan hasil yang nantinya akan diumumkan. Kami KPU Kabupaten Kediri pasti obyektif,” tegas Qosim.(Gar).

Recommended For You