ADAKITANEWS, Kediri – Puti Guntur Soekarno bersama warga Gunung Kelud berembuk membahas kawasan wisata di desa mereka, yang masuk dalam program Seribu Desa Wisata atau Seribu Dewi, Jumat (09/02). Program itu dicanangkan, salah satunya untuk mengangkat kawasan desa wisata agar warga sekitar dapat terangkat taraf perekonomiannya.

Program Seribu Dewi digagas oleh Mbak Puti, panggilan akrab Puti Guntur Soekarno dalam program yang hendak dijalankanya bersama Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ketika keduanya terpilih menjadi Gubenur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2018-2023 mendatang. Program tersebut merupakan upaya memberdayakan desa dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki secara terintegrasi.

“Program desa wisata tersebut akan melibatkan masyarakat desa secara aktif untuk mengelola desanya menjadi kawasan wisata. Dengan demikian, maka potensi baik pertanian maupun potensi lainya harus diberdayakan sehingga bisa terintegrasi menjadi daya tarik wisata,” ujarnya saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, Jumat (09/02).

Demikian juga dengan Desa Sugihwaras yang berada di kawasan Gunung Kelud, yang hingga saat ini dijadikan Pemerintah Kabupaten Kediri sebagai kawasan wisata alam. Mbak Puti melihat desa tersebut memiliki potensi besar untuk menjadi desa wisata.

“Desa Sugihwaras memiliki banyak potensi, sumber daya alamnya bagus, potensi pertaniannya juga bagus. Sayang apabila tidak dikelola dengan baik,” lanjutnya.

Untuk merealiasasikan program tersebut, Mbak Puti bersama warga Desa Sugihwaras dan jajaran Pengurus DPC PDIP melakukan rembuk warga di Homestay Wisma Kinanti, kawasan wisata Gunung Kelud. Warga desa yang mengikuti kegiatan tersebut tampak antusias dan berharap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Gus Ipul – Mbak Puti dapat sukses memenangkan Pemilihan Gubernur 2018 mendatang.

“Warga Desa Sugihwaras pasti beruntung ketika nanti ibu jadi Wakil Gubernur Jawa Timur. Sehingga desa kami bisa menjadi desa wisata dan kami bisa ikut mengelola. Desa kami penghasil buah nanas yang baik di wilayah ini,” ungkap Nanik, warga setempat.

Sementara, Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri, H Sutrisno menjelaskan, pihaknya menyambut positif program yang digagas oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Gus Ipul – Mbak Puti. Menurutnya program tersebur selaras dengan program yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Kediri.

Pasca bencana letusan Gunung Kelud, lanjut H Sutrisno, Pemkab Kediri tengah berupaya keras untuk segera memulihkan kawasan wisata yang menjadi salah satu andalan Kabupaten Kediri itu.

“Sarana infrastruktur, terutama jalan, saat ini sedang dikerjakan perbaikannya agar wisatawan kembali bisa menuju kawah. Saat ini Pemerintah Daerah sedang mengusulkan ke Pemerintah Pusat agar perbaikan tersebut dapat segera dikerjakan,” ungkapnya.(ys)

Keterangan gambar: Puti Guntur Soekarno saat menghadiri acara rembuk warga.