unnamed (3)ADAKITANEWS, Pekanbaru – Tepat pada tanggal 01 Desember 2015, kepengurusan Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2013-2015 resmi demisioner. Pengganti Arief Rosyid selaku ketua umum beserta jajarannya akan ditentukan di Kongres XXIX di Pekanbaru Riau.

Lebih dari satu minggu, sejak tanggal 22 Nopember r3smi dibukanya kegiatan akbar Kongres HMI ke-XXIX. Namun, berbagai insiden membuat kegiatan ini sempat tertunda hingga tidak sesuai jadwal, yang mana pada tanggal 26 Nopember kemari acara ini sudah selesai.

Prosesi sidang resmi dimulai setelah hampir 5 hari seluruh delegasi dari seluruh cabang se Nusantara tidak jelas nasibnya. Terdapat berbagai alasan, diantaranya berbagai panitia lokal (panlok) dan panitia nasional kongres (panasko) mogok. Hal ini membuat beberapa delegasi mempertanyakan kesiapan panitia guna mensukseskan Kongres HMI ke-XXIX yang dilangsungkan di Gelanggang Pemuda di Pekanbaru Riau.

Namun, pada (01/12) sekitar 03.39 Wib seluruh kepengurusan PB HMI periode 2013-2015 telah demisioner. Proses ini melalui berbagai perdebatan dan pertanyaan dari 202 Cabang terkait kapasitas kepengurusan PB HMI selama lebih dari 2 tahun. Pertanyaan diantaranya terkait legalitas serta administrasi sekretariat PB HMI yang baru.

“Terkait sekretariat baru PB HMI prosesnya kami serahkan semua pada tim khusus apapun nanti hasilnya. Sebenarnya, sekretariat itu kami lakukan sesuai rekomendasi Kongres ke XXVIII dua tahun lalu,” ujar Arief Rosyid Ketum Demisioner dalam tanggapannya

Usai beberapa tanggapan ketum demisioner, Presidium Sidang membacakan surat keputusan. Data yang dihimpun tim adakitanews.com, terdapat 84 cabang yang menerima laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengurus PB, dan 46 cabang menolak serta 72 cabang lainnya tidak mengikuti sidang.

“Berepatan pada tanggal 1 Desember 2015 pukul 03.39 Wib saudara Arief Rosyid beserta jajaran kepengurusannya telah resmi demisioner dari jabatannya,” ujar pimpinan sidang.

Dengan keputusan ini, pemimpin baru PB HMI akan segera diputuskan pada Kongres ke-XXIX. Hingga saat ini, telah ada 24 kandidat yang sudah mencalonkan diri sebagai ketua umum PB HMI selanjutnya.(zay)