Ribuan Personil Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Kediri

Kediri(adakitanews.com)—Jajaran Polres Kediri akan menerjunkan ribuan personel gabungan untuk mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kediri yang digelar pada 7 Desember 2022 mendatang.

Pengamanan itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dan untuk menjaga keamanan ketertiban dan kenyamanan.

Jika ditemukan adanya kerusuhan, tak segan-segan pihak kepolisian memberikan sanksi tegas kepada pelaku kerusuhan tersebut dan memproses sesuai hukum yang berlaku.

Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho menyampaikan, pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak ini pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Pengamanan akan diterjunkan sebanyak 1988 personil yang akan menyebar di setiap Desa yang menggelar Pilkades. Dalam masa tenang saat ini, aparat keamanan akan melakukan patroli di desa yang daerahnya berpotensi rawan.

“Saat ini kami fokuskan untuk melakukan patroli pengamanan ke masing-masing desa yang akan menggelar pilkades,” katanya, Jumat (2/11/2022).

Patroli itu ditujukan supaya dalam pelaksanaan pilkades semua calon kades bisa menjalankan ketentuan sebagaimana yang disampaikan dalam deklarasi.

Selain itu, pihak kepolisian juga memberikan gambaran hukum hingga pengamanan pada kontestasi di Kota Panjalu agar pilkades serentak dapat berjalan aman, tertib dan lancar dengan menjelaskan kepada para calon kepala desa, BPD hingga panitia pilkades.

“Mari laksanakan Pilkades di wilayah Kabupaten Kediri ini berjalan dengan tertib, damai dan mematuhi semua peraturan. Sehingga situasi kamtibmas di Kabupaten Kediri tetap aman dan kondusif,” pesan AKBP Agung.

“Kami imbau selama masa Pilkades tidak berbuat anarkis, saling hasut, menyebar berita bohong, menebar kebencian serta tidak menjadikan Pilkades sebagai ajang taruhan,” ungkap Kapolres Kediri.

Untuk diketahui, pelaksanaan pilkades serentak 2022 sendiri diadakan di 57 desa dalam 13 kecamatan. Adapun Pilkades tersebut diikuti oleh 155 calon dimana 42 orang merupakan incumbent pada Rabu, 7 Desember 2022 Minggu depan.(Gar).

Recommended For You