ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri, mengadakan Launching Gerakan Penanggulangan Anemia (Gelang Mia), pada remaja putri kali di SMPN 1 Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Jumat (02/03).

Sebelum launching dimulai, ratusan siswi berkumpul di Aula SMPN 1 Ngasem untuk mendengarkan pencerahan juga pengertian tentang pentingnya remaja putri dan wanita usia subur sehat, cerdas, tanpa anemia, serta pentingnya Tablet Tambah Darah (TTD).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dr Adi Laksono, MMRS, yang mewakili Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno mengatakan bahwa hari ini secara serentak dilaksanakan launching pemberian tablet tambah darah kepada anak-anak remaja putri, juga ibu-ibu atau wanita usia subur di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Kediri.

“Kenapa harus ada acara pemberian TTD seperti ini? Menurut survei atau penelitian yang dilakukan oleh para ahli, jika seseorang kekurangan darah atau hemoglobin, bisa menyebabkan kondisi pertumbuhan yang tidak baik, dimana tinggi badan tidak sesuai dengan umur yang seharusnya, kalau orang Jawa bilang pentet, atau kuntet,” terang Adi Laksono.

Untuk wilayah Kabupaten Kediri, lanjutnya, sudah sangat jarang orang dengan kondisi pentet atau kuntet. Hal ini tidak hanya terbukti pada kondisi tubuhnya saja tetapi juga mempengaruhi kejiwaan serta kapasitas otaknya. “Sehingga diharapkan anak-anak keturunan generasi penerus kita, bisa menjadi lebih sehat, cerdas, pintar dan lebih tinggi tentunya” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri, Hj Rosyidah Masykuri pada kesempatan tersebut juga memberikan TTD kepada salah satu remaja putri, dan diikuti oleh seluruh remaja putri lainnya.

Hj Rosyidah Masykuri mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua remaja putri dan juga para wanita usia subur yang hari ini sudah mau meminum TTD. “Hari ini telah dilaksanakan Gelang Mia, merupakan gerakan antisipasi penyakit anemia dengan minum TTD, yang akan dilaksanakan mulai hari ini dan nanti akan dilakukan setiap minggu sekali,” jelasnya.

Untuk diketahui, Tablet Tambah Darah (TTD) adalah suplemen zat gizi yang mengandung zat besi dan asam folat. TTD harus diminum secara teratur karena remaja putri dan wanita usia subur sangat rentan terkena anemia atau kurang darah kerana mengalami haid, sehingga banyak kekurangan darah. Asupan zat besi dari makanan, kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi sehingga diperlukan suplemen seperti TTD.

Selain minum TTD, juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi contohnya hati, daging sapi, sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, ikan dan daging ayam. Hal ini bisa mengurangi angka kematian pada ibu PUS (Pasangan Usia Subur) pada saat melahirkan atau kekurangan darah pada saat melahirkan.(adv/kominfo/*/kur)

Keterangan gambar: Launching Gelang Mia di SMPN 1 Ngasem.(dok. Dinas Kominfo Kabupaten Kediri)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/020318-kur-kediri-ttd-3.pnghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/020318-kur-kediri-ttd-3-150x150.pngREDAKSIAdvertorialadakitanews,Berita,gelang mia,kediri,pemkab kediri,tablet tambah darah
ADAKITANEWS, Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri, mengadakan Launching Gerakan Penanggulangan Anemia (Gelang Mia), pada remaja putri kali di SMPN 1 Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Jumat (02/03). Sebelum launching dimulai, ratusan siswi berkumpul di Aula SMPN 1...