ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 2.136 siswa-siswi dari Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) se-Kabupaten Tulungagung mengikuti kegiatan manasik haji cilik di Taman Hutan Kota Tulungagung, Senin (4/9/2017).

Kegiatan manasik haji yang diselenggarakan Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Tulungagung ini, merupakan kegiatan sekolah untuk membentuk karakter menginspirasi para siswa agar berperilaku baik dan terpuji dalam kehidupan sehari-hari.

Diawali dengan rukun haji yang pertama, yakni niat untuk melakukan ibadah haji. Ribuan siswa yang mengenakan pakaian ihram serba putih, layaknya calon jemaah haji sesungguhnya, mereka tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, dengan didampingi orangtuanya masing-masing.

“Dengan manasik haji yang dilakukan rutin setiap tahun, bertujuan untuk membentuk karakter siswa dengan cara memberikan pengalaman langsung di lapangan,” kata Ismiyati, panitia pelaksana manasik haji.

Lanjut Ismiyati, dengan kegiatan ini, diharapkan siswa dapat meneladani seluruh kebaikan dan pengorbanan Nabi Ibrahim, sehingga dapat menginspirasi para siswa, berperilaku yang baik dan terpuji di kehidupannya sehari-hari.

Dalam manasik haji ini, seluruh siswa diwajibkan melakukan seluruh rangkaian rukun haji diantaranya melakukan niat ibadah haji, melempar jumrah, tawaf mengelilingi kakbah, sai dan tahalul atau memotong rambut.

“Anak-anak kita ajarkan rukun haji, sehingga mereka mendapat pemahaman seperti layaknya menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya,” tambah Ismiyati.

Sementara itu, kendati capek dan kepanasan, Aldice Regialika, salah seorang anak peserta manasik haji yang sudah dua kali mengikuti serupa mengaku bergembira mengikuti manasik haji ini. Dengan kegiatan ini, dirinya mengetahui tata cara beribadah haji, yang merupakan rukun kelima dalam rukun islam.

“Senang bisa ikut manasik, karena banyak temannya, dan bisa melakukan haji seperti yang saya lihat di televisi itu,” ungkap Aldice Regialika, peserta manasik, dengan polosnya.(ta1)

Keterangan gambar : Peserta manasik haji cilik sedang mengelilingi Kakbah, dengan didampingi orang tuanya.(foto : acta cahyono)