Ribuan Warga Saksikan Ritual Upacara 1 Suro

IMG00806-20141025-0913IMG00831-20141025-1205IMG00832-20141025-1209@dakitanews Kediri– Ribuan warga menyaksian ritual upacara 1 Suro di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Sabtu, (25/10). Acara tahunan setiap awal bulan Jawa Suro tersebut digelar di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo dan Sendang Tirto Kamandanu.

Pantauan @dakitanews.com, para peserta kirab upacara 1 Suro yang membawa Pusaka Kyai Bima berjalan mulai dari Kantor Desa Menang menuju Petilasan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo dan diikuti ratusan peserta yang memakai baju Adat Jawa serta membawa payung songsong buwono. Di lokasi Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo dan Sendang Tirto Kamandanu, para peserta kirab upacara 1 Suro melakukan tabur bunga.

Suratin, juru kunci Sendang Tirto Kamandanu menuturkan upacara yang sudah turun temurun sejak zaman abad XI ini merupakan adat kebudayaan Jawa. Menurutnya, peninggalan pusaka Kyai Bima merupakan simbol peninggalan kejayaan Kediri.

“Sebagai generasi, adat budaya wajib kita lestarikan. Apa lagi Jongko Prabu Sri Aji Joyoboyo sudah dikenal di seluruh Nusantara dan berbagai negara, “ungkapnya.

Dikatakan Suratin, ritual upacara 1 Suro, satu hari sebelum hari pelaksanaan di Petilasan Muksa Prabu Sri Aji Joyoboyo dan di Sendang Tirto Kamandanu sudah dipadati para peziarah. Dalam doanya itu menurut Suratin, para peziarah meminta keselamatan.

“Banyak pengunjung yang datang kesini. Berbagai pengunjung berdoa menurut keyakinan agamanya masing-masing, “tutur juru kunci.(gar)

Keterangan Gambar : Prosesi upacara ritual 1 Suro di Desa Menang.

Recommended For You