ADAKITANEWS, Jombang – Pada musim arus mudik kerap terjadi penumpukan kendaraan di titik-titik jantung kota di Kabupaten Jombang, salah satunya di Jalan Gus Dur dan Jalan Wahid Hasyim. Untuk menghindari penumpukan tersebut, pihak kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Jombang akhirnya memberlakukan pengalihan arus di beberapa titik.

Seperti yang terlihat di simpang tiga sebelah timur Universitas Darul ‘Ulum Jombang, terdapat pengalihan arus dari arah timur menuju barat ke arah kota. Tepat di sebelah tugu Adipura di simpang tiga tersebut, terdapat pagar polisi yang menandakan pengalihan kendaraan roda 4 menuju Jalan Gatot Subroto.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana SH SIK mengatakan, pengalihan arus di wilayah tersebut bertujuan untuk mengurangi volume kendaraan yang melintas di jantung kota, dan hanya berlaku untuk kendaraan roda 4. Namun pengalihan arus tersebut, lanjut AKP Inggal, hanya bersifat situasional.

“Memang di wilayah simpang tiga kita lakukan pengalihan arus pada roda 4 untuk menghindari penumpukan kendaraan di tengah kota, tetapi itu sifatnya situasional,” ungkap Kasatlantas saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (23/06).

Tidak hanya itu, pengalihan arus juga terjadi di simpang empat antara Jalan KH A Wahid Hasyim dan Jalan Hasyim Asy’ari, tepatnya di perlintasan kereta api timur stasiun Jombang. Kendaraan yang berasal dari arah selatan menuju ke utara tepatnya menuju ke kota, dialihkan ke arah barat.

Pengalihan arus tersebut juga bertujuan untuk menghindari kemacetan, akibat adanya perlintasan kereta api dan juga merupakan jalur nasional.(ar)

Keterangan gambar: Pengalihan arus di simpang tiga. (bawah) Situasi di perlintasan rel kereta simpang empat Jalan Wahid Hasyim.(foto:adi rosul)