ADAKITANEWS, Kota Blitar – Operasi Pita Rokok oleh Tim Koordinasi Pemerintah Daerah Kota Blitar selama Periode Januari hingga Februari 2017 masih kerap menemukan rokok kedaluwarsa yang dijual para pedagang di Kota Blitar.

Kepala Bidang Perindustrian dan Pengawasan Perdagangan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar, Agus Sulistyorini mengatakan, penjual rokok kedaluwarsa kebanyakan adalah para pedagang kecil. “Kebanyakan para pedagang tidak tahu kalau rokok yang mereka jual adalah rokok kedaluwarsa,” katanya saat dijumpai di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Blitar, Jalan Jawa Kota Blitar, Selasa (28/02).

Kabid yang akrab disapa Rini itu menuturkan, para pedagang beralasan sepinya pembeli serta tak ingin mengalami kerugian membuat rokok kedaluwarsa masih terjual bebas. “Rokok kedaluwarsa yang ditemukan langsung kita sita, sedangkan untuk pedagang kita beri pembinaan,” jelasnya.

Rokok yang ditemukan rata rata berusia enam bulan setelah masa berlaku habis. Rini juga meminta para pembeli untuk lebih jeli dalam mengecek pita cukai. Sayangnya saat ditanyai soal jumlah pasti sitaan rokok kedaluwarsa yang didapatkan, Rini belum bisa menjawab. “Kalau datanya ada di YLKI Malang. Tapi yang jelas banyak, ratusan bungkus,” tutupnya.(blt1)

Keterangan gambar : Kepala Bidang Perindustrian dan Pengawasan Perdagangan, Agus Sulistyorini.