Rumah Produksi Petasan Berisi Ratusan Kilogram Bahan Peledak Digerebek

ADAKITANEWS, Kediri – Anggota Sat Reskrim Polres Kediri berhasil menggerebek rumah produksi petasan milik Sulaiman di Desa Kranding Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Selasa (30/05). Dari penggerebekan tersebut, berhasil diamankan barang bukti 350 kilogram bahan peledak yang siap digunakan untuk memproduksi petasan.

Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono mengatakan, penggerebekan berawal dari laporan warga setempat bahwa di rumah tersebut ada penjualan petasan atau mercon.

“Operasi ini kita laksanakan secara intensif dalam bulan puasa, agar masyarakat tidak resah dengan keberadaan mercon di wilayah hukum Kabupaten Kediri dan dari ini kita berhasil mengamankan 2 tersangka dan barang buktinya,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, pengungkapan ratusan bahan petasan ini berawal dari tertangkapnya tersangka Muhammad Khasani warga Desa Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, dengan barang bukti obat mercon berjumlah 4,5 kilogram.

“Ratusan kilogram bahan peledak ini dibungkus dengan ukuran 1,5 kiloan dan dijual seharga Rp 90 ribu. Dan jika dibuat petasan menjadi 80 pak. Sementara pelaku sendiri mendapat keuntungan per pak petasan Rp 5.000,” imbuhnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP Aldy Sulaiman, SIK, menambahkan, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 UU No 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman penjara selama 20 tahun. “Anggota Reskrim terus mengembangkan kasus ini, guna menciptakan kondisi Kediri yang aman dan kondusif,” pungkasnya AKP Aldy Sulaiman.(kdr9)

Keterangan gambar : Kapolres Kediri dan Kasat Reskrim saat mengamankan barang bukti di rumah tersangka.(ist)

Recommended For You