ADAKITANEWS, Sidoarjo – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merilis prosedur pelayanan bagi para pemudik. Seluruh peserta BPJS Kesehatan, meskipun sedang berada di luar kota atau tengah melakukan mudik lebaran, dipastikan tetap akan dilayani di fasilitas kesehatan manapun yang terdekat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo, Dwi Hesti Yuniarti dalam acara jumpa pers di Kantor BPJS Kesehaan Sidoarjo, Rabu (29/06). Hesti mengatakan, program pelayanan tersebut serentak digelar di seluruh wilayah di Indonesia mulai H-7 lebaran hingga H+7 lebaran nanti. “Ini serentak se-Indonesia. Mulai H-7 sampai H+7 lebaran,” ujarnya.

Dijelaskan, setiap pemudik tetap akan mendapatkan layanan BPJS Kesehatan meski tidak berada di kota asal. Hesti mengatakan, para pemudik hanya cukup menunjukkan kartu identitas sekaligus kartu BPJS yang masih berlaku. “Hanya menunjukkan kartu identitas dan kartu BPJS yang masih aktif,” imbuhnya.

Hesti menambahkan, dengan diterapkannya kebijakan tersebut, para peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat) yang sakit pada saat perjalanan mudik atau telah sampai di tempat tujuan bisa langsung memperoleh tindakan medis tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS setempat atau mengunjungi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) sementara.

Para pemudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat, dan Kartu Jamkesmas selama mudik lebaran.(kur)

Keterangan gambar: (tengah) Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo, Dwi Hesti Yuniarti.(foto: kurniawan)