ADAKITANEWS, Sidoarjo – Memperingati bulan suci Ramadan, Kapolri Jendral Polisi Drs M Tito Karnavian melakukan Safari Ramadan bersama dengan Forkopimda, Alim Ulama, Bupati, Walikota, Forum Rektor, Santri, TNI-Polri se-Jawa Timur di Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo, Sabtu (10/06).

Dengan mengangkat tema Menguatkan Persatuan Bangsa dalam Kebhinnekaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI, Kapolri mengajak seluruh warga Indonesia agar bersama-sama menjaga kebhinnekaan dan keutuhan NKRI dengan cara bersilaturahmi. “Ini kan moment Ramadan, bagi umat muslim wajib hukumnya menjalin silaturrahmi,” tegasnya.

Dia menjelaskan, Jawa Timur sejatinya memiliki sejarah yang besar dalam bangsa Indonesia. Peran serta Ulama dan masyarakat Jawa Timur menjadikan Indonesia hingga saat ini menjadi damai. “Mari kita perkuat persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI. Jangan sampai kita terpecah belah,” ujarnya kepada wartawan.

Tak hanya di Jawa Timur, lanjut Kapolri, sebelumnya ia juga menghadiri agenda silaturrahmi di Jawa Tengah. Harapannya sama, yakni menjaga keutuhan NKRI. “Harus bisa dibedakan mana masalah hukum, mana silaturrahmi. Untuk masalah hukum tetap kita tegakkan sesuai hukum yang berlaku,” harapnya.

“Insya Allah kedepan Surabaya juga akan kami datangi. Karena di Surabaya basisnya NU. Nah, kebetulan orangtua juga asli Surabaya, jadi bisa sekalian pulang kampung,” ujarnya.

Disela-sela kedatangannya ke Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo, Kapolri mengaku merasa damai. “Apalagi di Pesantren merupakan tempatnya para santri belajar,” pungkasnya. (sid2)

Keterangan gambar : Safari Ramadhan, Kapolri ke Pondok Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo.(ist)