width=

ADAKITANEWS090320151770~2, Madiun – Tersangka Djoko Mardono,43, warga Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang, hanya tertunduk lesu saat dijebloskan ke dalam tahanan Polsek Jiwan, Sabtu (7/3) lalu. Sarjana yang bekerja di salah satu dealer motor di Jalan Raya Solo-Madiun, Desa/Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun ini, telah menggelapkan uang 9 calon pembelinya.

“Berawal, dari laporan korban Gagat Budi karyawan PTA KAI, serta membawa barang buktinya 1 lembar kuintasi dengan nilai Rp 14 juta sebagai DP untuk pembelian motor Honda CB 150 R. Saat mendatangi dealer motor itu, tersangka menyatakan harus inden selama 2-3 minggu,” jelas Kapolsek Jiwan AKP Setiyono di Mapolres Madiun Kota, Senin (9/3).

Korban menyetujui dengan memberikan uang muka Rp 14 juta dengan kuitansi ditandatangani tersangka. Selepas 3 minggu, motor pesanan korban tidak kunjung datang, korban langsung menanyakan dealer. Alangkah kagetnya, ternyata bagian administrasi dealer mengaku belum menerima uang muka atas nama korban.

Selanjutnya, korban melaporkan kepada petugas Polsek Jiwan dan menangkap tersangka. Saat diperiksa petugas, tersangka mengaku telah melakukan hal serupa kepada 8 korban lain dari Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun 6 orang dan Kabupaten Ngawi 2. Total dari 9 korban uang diterima sebanyak Rp 72 juta, dengan modus sama dengan korban pertama.

Tersangka menerangkan sejumlah korban menyetor uang Rp 4 juta- 14 juta, tergantung type motor yang diambil dan angsuran yang dicicil. “Atas perbuatannya, tersangka pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 372 tentang penggelapan dengan ancaman hingga 5 tahun penjara. Kini tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif,” ujar AKP Setiyono lagi.

Sementara tersangka Djoko Mardono mengaku uang milik korban dipakai untuk bisnis motor bekas dimaksud untuk mecari laba dan menghidupi 2 istri, tapi belum sempat menikmati laba keburu ditangkap petugas. “Saya janji, usai menjalani hukuman uang itu berusaha dikembalikan kepada para korban, Saya menyesal, pak,” ujarnya dihadapan wartawan. (UK)

Keterangan Gambar : Tersangka penipuan dan penggelapan uang muka motor satu delar, Djoko Mardono hanya tertunduk lesu digelar dalam rilis di Mapolres Madiun Kota.