ADAKITANEWS, Blitar – Kegembiraan menyambut datangnya hari raya Idul Fitri sudah nampak sejak 7 hari sebelumnya atau H-7. Itu terlihat dari berbagai macam bentuk kreativitas yang dituangkan warga. Salah satunya adalah warga di Dusun/Desa Wonodadi RT 1/RW 1 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Mereka kompak mencetuskan ide dalam meramaikan hari raya Idul Fitri dengan bergotong royong untuk menghiasi jalan.

=========

Gotong royong untuk menghiasi jalan ini digagas oleh warga sekitar sebagai bentuk kegembiraan menyambut hari raya Idul Fitri. Salah satu warga bernama Saiful Hadi, 54, mengatakan, kegiatan menghiasi jalan ini baru dilakukan tahun ini.

Ia mengaku, awalnya hanya ada pembicaraan antar warga yang menginginkan di sepanjang jalan diberi hiasan. “Ya awalnya kita hanya ngobrol biasa, akhirnya kita sepakat untuk gotong royong menghiasi jalan,” katanya sambil menghiasi jalan, Selasa (20/06) malam.

Ternyata, hiasan yang dipasang di sepanjang jalan tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar. Karena tidak hanya umbul-umbul yang terpasang, tetapi lampu hias juga menghiasi di sepanjang jalan. Keindahan pun sangat terlihat ketika lampu hias sudah menyala. Seperti terowongan bercahaya dengan berbagai warna.

Saiful pun mengaku, biaya untuk menghiasi jalan ini adalah dari kantong warga sendiri, yang dikumpulkan menjadi satu. Tidak ada paksaan untuk menyumbang berapa, tetapi mereka menyumbang sesuai kemampuan masing-masing. “Kita semuanya masih beli, seperti lampu hias yang jumlahnya sekitar 44, umbul-umbul dan bambu. Tapi untuk tenaganya, tiap malam setelah salat tarawih kita kerjakan bersama-sama. Kadang selesainya pun hingga dini hari jelang sahur,” jelasnya dengan semangat.

Keindahan jalan karena hiasan-hiasan dari warga ini pun, mengetuk hati perangkat desa untuk turut serta dalam membantu menyukseskan ide tersebut. Ali Mashudi, salah satu perangkat Desa Wonodadi saat membantu menghiasi jalan mengatakan, sangat senang melihat warganya melakukan hal kreatif menyambut hari raya Idul Fitri.

“Ini sebenarnya tahun sebelumnya sudah dilakukan, tapi hanya umbul-umbul. Tetapi tahun ini mereka sangat luar biasa, dengan kekompakan gotong royong keindahan jalan sangat terlihat. Karena kami sepeserpun tidak membantu biayanya,” ungkapnya.

Ali berharap, tahun berikutnya kreativitas menghiasi jalan ini tetap dilakukan. “Ya kalau bisa tahun depan muncul ide-ide kreatif lain untuk memeriahkan hari raya,” harapnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana gotong royong warga saat menghiasi jalan.(foto : fathan)