width=

Kediri(adakitanews.com)—Menyambut Hari Raya Idul Adha 2021, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri melakukan sidak kepada sejumlah pasar hewan kurban.

Kali ini petugas DKPP Kabupaten Kediri melakukan sidak di Pasar Hewan Kurban di Kecamatan Ngadiluwih.

Sejumlah hewan yang hendak dijadikan kurban seperti Kambing dan Sapi diperiksa oleh petugas DKPP untuk memastikan kesehatannya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri dr Tutik Purwaningsih melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Yhuni ismhwati menyampaikan hasil peninjauannya di Pasar Hewan Ngadiluwih terpantau aman.

“Alhamdulillah hari ini kita melakukan peninjauan di Pasar Hewan Ngadiluwih, Kandat dan Kras, semua hewan yang kita periksa alhamdulilah sehat,” ujar dr Yhuni Ismhwati, Selasa (13/7/2021).

Dikatakan Yhuni Ismhwati bahwa dalam proses pemeriksaan prosedurnya ini meliputi seperti pemeriksaan gigi dan matanya.

“Kita lihat giginya apakah umurnya sudah layak atau belum untuk dijadikan hewan kurban. Biasanya sapi yang layak di buat kurban ini di atas 2 tahun,” ungkapnya.

Kendati demikian pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan uji lab dengan sampel veses pada hewan kurban.
“Tentu ada beberapa sampel yang akan kita uji, tidak semuanya,” jelas Kasi Kesehatan Masyarakat Veterine.

Sementara itu menurut Yhuni Ismhwati bahwa sejauh ini permintaan untuk hewan kurban di Kabupaten Kediri mengalami peningkatan sebanyak 2 – 5 %.

“Saat ini sudah mulai ada peningkatan di Kabupaten Kediri. Perkiraan kami sampai nanti menjelang hari H masih akan meningkat,” tuturnya.

Selanjutnya terkait permintaan jumlah hewan kurban saat hari Raya Idul Adha, Yhuni Ismhwati menyebutkan bisa mencapai 20 ribu ekor.

“Jika berkaca tahun lalu total sapi yang dipakai untuk kurban ini adalah 20 ribu ekor lebih,” pungkasnya.(Gar).