Kediri(adakitanews.com) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno terbuka Penyampaian Hasil Verifikasi Syarat Calon, Sabtu (19/9/2020).

Rapat ini dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB, bertempat di Hotel Bukit Daun Kediri. KPU menyampaikan Hasil Verifikasi Syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang dihadiri oleh bakal pasangan calon (bapaslon) yang diwakilkan Liaison Officer (LO), partai politik (parpol) pengusung, Forkopimda, dan Bawaslu Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Kediri telah selesai melaksanakan tahapan verifikasi syarat calon berdasarkan PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pemilihan dalam Kondisi Bencana Non Alam.

“Tahapan demi tahapan telah kita laksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan pemutusan penyebaran Covid-19,” ujar Ninik Sunarmi, saat memberikan sambutan.

Acara dilanjutkan pembacaan hasil verifikasi oleh Komisioner yang membidangi, Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori.

“Kami sampaikan bahwa verifikasi dokumen syarat calon telah dilakukan dan hasilnya, seluruh dokumen dinyatakan absah. Maka dengan demikian bakal pasangan calon dinyatakan memenuhi syarat menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020,” ungkap Anwar.

Setelah pembacaan dan penyampaian hasil verifikasi, kemudian tidak ada tanggapan dari Bawaslu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara (BA) dibuat rangkap tiga disampaikan kepada Bapaslon, partai politik pengusung dan arsip KPU Kabupaten Kediri.

Saat ini, KPU Kabupaten Kediri akan mempersiapkan diri untuk proses penetapan calon pada 23 September mendatang. Namun, sebelum penetapan, akan dilakukan rapat pleno terlebih dahulu.

“Sebelum penetapan bapaslon, akan didahului rapat pleno. Nanti hasilnya seperti apa akan kami sampaikan. Untuk rapatnya dilaksanakan secara tertutup,” pungkasnya.(Nu).