Sampaikan LKPJ 2016, Bupati Ungkap Beberapa Kendala

ADAKITANEWS, Blitar – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar dalam rangka penyampaian penjelasan Bupati atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2016 berlangsung di gedung Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (29/03).

Dalam penyampaiannya, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, menjelaskan terkait penyelarasan kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Yakni 10 prioritas pembangunan pada tahun 2016.

“Diantaranya tentang peningkatan pelayanan pendidikan dan memperluas akses dalam memperoleh pendidikan. Ada juga peningkatan pelayanan kesehatan dasar dan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin,” kata Bupati.

Namun demikian, lanjut Bupati, ada beberapa tantangan atau kendala selama mewujudkan prioritas tersebut, baik kendala internal maupun eksternal. “Kendala eksternalnya seperti kondisi perekonomian nasional yang belum pulih akibat krisis perekonomian global yang mempengaruhi pendapatan daerah dari dana perimbangan. Sedangkan kendal internal, seperti infrastruktur yang belum seluruhnya baik, serta partisipasi pendidikan yang perlu ditingkatkan,” jelas Bupati.

Bupati menuturkan, pada LKPJ tahun 2016 secara umum ada peningkatan dari semua sektor dibanding tahun sebelumnya. “Tentu ada peningkatan. Namun kedepan minimal kami akan mempertahankannya, dan bahkan jika bisa kami akan tingkatkan kinerja lagi,” paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Hery Romadhon mengatakan, sebagai tindak lanjut dari penyampaian Bupati tentang LKPJ tahun 2016, maka pihak DPRD akan membentuk Pansus guna mengevaluasi LKPJ tersebut. “Ya meskipun ada peningkatan berupa perolehan beberapa prestasi, namun untuk menjadikan Kabupaten Blitar lebih baik lagi dan sesuai tata tertib, kami akan mempertajam pembahasan melalui Pansus yang dibentuk,” ungkapnya setelah Rapat Paripurna.

Untuk diketahui, selain menyampaikan penjelasan LKPJ tahun 2016, Bupati Blitar juga menyampaikan rancangan perubahan Peraturan Daerah RPJMD tahun 2016-2021.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana Rapat Paripurna di gedung DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Recommended For You