ADAKITANEWS, Kota Kediri – Bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri, Samsul Ashar – Teguh Juniadi akhirnya sah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Rabu (10/01) malam.

Berkas pendaftaran pasangan yang diusulkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hanura tersebut, akhirnya dinyatakan sah dan diterima oleh KPU Kota Kediri, sekitar 30 menit menjelang batas waktu penutupan pendaftaran yakni pada pukul 24.00 WIB.

Usai menerima tanda terima berkas pendaftaran, Samsul Ashar mengaku lamanya penyampaian berkas pendaftaran tersebut salah satunya adalah karena menunggu kedatangan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kota Kediri, Budi Santoso. “Tadi itu karena beliau (Budi Santoso,red) masih di luar kota. Jadi datangnya terlambat. Tadi mendatangi pemakaman temannya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPC Partai Hanura Kota Kediri, Budi Santoso menyatakan bahwa molornya pendaftaran adalah karena proses mempersiapkan berkas-berkas kelengkapan. “Ya karena kesibukannya mengurus surat-surat, dan juga buat bentuk sensasi lah,” katanya.

Sebelumnya diketahui, pasangan Samsul Ashar dan Teguh Juniadi sempat datang ke kantor KPU Kota Kediri sekitar pukul 17.00 WIB. Namun lantaran tidak didampingi oleh pimpinan dari partai pengusul, yakni DPC PDIP dan DPC Partai Hanura, proses pendaftaran akhirnya urung dilakukan.

Samsul Ashar juga sempat meninggalkan kantor KPU Kota Kediri sekitar pukul 19.00 WIB, untuk menuju rumah Ketua DPC PDIP Kota Kediri, Gus Sunoto.

Sempat terjadi kericuhan selama proses pendaftaran, baik di kantor KPU Kota Kediri, maupun di depan rumah Gus Sunoto. Massa pendukung mendesak agar Ketua dan Sekretaris DPC PDIP dan Hanura segera hadir ke KPU Kota Kediri untuk memberikan dukungan.

Akhirnya sekitar pukul 22.00 WIB, seluruh pimpinan partai pengusul hadir di KPU Kota Kediri. Dan pasangan Samsul Ashar – Teguh Juniadi dinyatakan sah mendaftar.

Untuk diketahui, Samsul Ashar – Teguh Juniadi merupakan pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri ketiga yang mendaftar ke KPU Kota Kediri. Sebelumnya ada pasangan petahana Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah yang diusulkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasdem, yang telah mendaftar pada hari pertama yakni Senin (08/01). Disusul pasangan Aizzudin Abdurrahman – Sujono Teguh Wijaya yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Gerindra, yang mendaftarkan diri pada Rabu (10/01) siang.(kur)

Keterangan gambar: Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq saat menyerahkan tanda terima berkas pendaftaran kepada Samsul Ashar.(foto: kurniawan)