ADAKITANEWS, Kediri – 3 lokasi hiburan malam di Kabupaten Kediri menjadi sasaran razia oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kediri, Senin (15/05). Dari puluhan pengunjung yang diperiksa, tidak ada satupun yang terindikasi sebagai pengguna narkoba.

Pantauan Tim Adakitanews.com di lapangan, ada sekitar 87 orang yang menjalani pemeriksaan. Satu per satu pengunjung, digiring oleh petugas untuk menjalani tes urine. Selain pengunjung, nampak juga beberapa wanita pemandu lagu yang ikut diperiksa.

Razia yang dipimpin langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Kediri, AKBP Drs Toni Sugianto tersebut, selain bertujuan untuk mencari para pengguna narkoba, juga untuk memutus jaringan serta mata rantai peredarannya.

AKBP Toni melalui Kasi Pemberantasan, Kompol Sofyan S Sos mengatakan, razia dengan nama Operasi Bersinar (Berantas Sindikat Narkoba) yang digelar mulai pukul 20.00 – 23.45 WIB tersebut tidak menemukan satupun pengguna narkoba. “Untuk sementara, hasilnya negatif semua,” ujarnya.

Ditambahkan Kompol Sofyan, tujuan dilaksanakannya Operasi Bersinar ini adalah dalam rangka program P4GN. “Target operasi ini untuk Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Salah satunya untuk memperkecil peredaran narkotika dan juga memutus jaringannya,” ujarnya.

Operasi yang digelar malam itu merupakan agenda rutin BNN Kabupaten Kediri, dan akan terus dilakukan selama satu tahun kedepan. “Operasi Bersinar pada malam ini sudah kita mulai sejak Januari 2017. Dan yang paling banyak penggunaan narkotikanya ada di wilayah Pare. Titik sasarannya tidak menutup kemungkinan di area kos-kosan, dan tempat hiburan malam,” imbuhnya.

Di akhir wawancara, Kompol Sofyan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mencoba-coba menggunakan narkoba. “Tidak usah coba-coba menggunakan narkotika karena sangat berbahaya.

Bahayanya karena narkotika itu untuk sesaat memang bisa memacu atau sebagai doping. Tapi kalau digunakan terus-menerus, selain kecanduan juga akan menimbulkan kerusakan tubuh,” pungkasnya.(kdr9)

Keterangan gambar: Petugas dari BNN Kabupaten Kediri saat melakukan razia di salah satu lokasi hiburan malam.(foto: taufiqur rachman)