ADAKITANEWS, Kota Blitar – Tim Satgas Pangan dari Polres Blitar Kota melakukan pengecekan stok gas elpiji di salah satu agen yang ada di Kota Blitar, Kamis (22/06). Pengecekan ini bertujuan untuk melihat kondisi persediaan gas elpiji baik subsidi maupun non subsidi menjelang hari raya Idul Fitri.

KBO Reskrim Polres Blitar Kota, Ipda Dani Ardiansyah mengatakan, menurut keterangan dari pihak PT Petro Jaya Gas, sudah ada penambahan gas elpiji dari pertamina. Ia pun memastikan bahwa jelang lebaran ini untuk stok gas elpiji cukup dan aman. “Kita sudah cek dan minta keterangan. Jadi kita pastikan stok elpiji aman selama lebaran,” katanya.

Untuk mengantisipasi penimbunan, lanjut Ipda Dani, pihaknya juga sudah melakukan penyelidikan di beberapa tempat. Tetapi hingga saat ini belum ditemukan adanya penimbunan. “Meski hasil lidik belum ada temuan, kita akan tetap waspadai terutama terkait pengoplosan gas,” tandasnya.

Sementara itu, Manajer PT Petro Jaya Gas, Rahadian Eka Priyanto mengatakan, selama awal bulan ramadan permintaan gas elpiji di Kota Blitar dari pangkalan hanya ada kenaikan sedikit dan tidak terlalu signifikan. “Antisipasi terjadinya kelangkaan jelang lebaran, Pertamina sudah menambah 1 pasokan gas elpiji. Kita pun akan tetap mengupayakan di pangkalan stoknya tetap ada,” kata Rahadian.

Ia mengungkapkan, untuk permintaan gas elpiji di Kota/Kabupaten Blitar pada hari normal sekitar 22 ribu tabung. Sedangkan setelah adanya penambahan permintaan saat ini menjadi 24-25 ribu tabung. “Harganya dari agen ke pangkalan Rp 14.500, kemudian dari pangkalan Rp 16.000 sesuai dengan Pergub,” terangnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana pengecekan stok gas ELPIJI oleh Satgas Pangan Polres Blitar Kota.(foto : fathan)