f-operasi zebra 2014 -petugas lakukan pemeriksaan pengendara sepeda motor.F- Satlantas Polres Nganjuk lakukan Operasi Zebra 2014@dakitanews, Nganjuk – Satuan Lalulintas Polres Nganjuk sedang gelar Operasi zebra 2014. Kegiatan ini rencananya dilakukan mulai 26 November dan tanggal 9 Desember 2014 besok akan berakhir.

Informasi yang diterima @dakitanews.com menyebutkan bahwa, hingga hari Minggu tanggal 7 Desember 2014 kemarin, Satlantas Polres Nganjuk, sudah mendapati sekitar 1000 lebih pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Pelanggaran lalulintas ini di dominasi oleh pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, melanggar rambu – rambu serta marka jalan. Selanjutnya para pelanggar langsung diberi surat tilang sebagai bukti pelanggaran.

Kasat Lantas Polres Nganjuk, AKP Bayu Prasatyo, SIK menjelaskan, selain kelengkapan berkendaraan,  pengendara sepeda motor juga tidak dilengkapi dengan surat – surat kendaraan lainnya maupun tidak memiliki SIM ( Surat Ijin Mengemudi).

“Semuanya kita tindak tanpa kecuali, dan tidak ada yang cuma ditegur atau diingatkan saja,” terang AKP Bayu Prasatyo.

Sasaran operasi lebih cenderung pada kendaraan roda dua dan juga berlaku pada pengendara roda empat,  namun dilaksanakan secara hunting system ( sasaran prioritas kendaraan – red).

Bagi pengendara yang tidak mempunyai SIM, diharapkan segera mengurusnya sebab sesuai undang – undang, pengendara kendaraan bermotor wajib memiliki SIM sebagai bukti kelayakan berkendaraan.

Dalam Operasi zebra 2014 ini, 80 prosennya adalah penegakan hukum (tilang), 10 prosen adalah promotif dan 10 prosennya lagi adalah preventif.

“Lima hari sebelum operasi zebra dilaksanakan, kita telah melakukan sosialisasi ke sekolah sampai ke instansi,” jelas AKP Bayu.

Ditambahkan, selama dilaksanakan Operasi Zebra ini, tingkat kecelakaan lalulintas menurun, “kita berharap para pengendara mematuhi peraturan lalulintas yang berlaku sehingga dapat terhindar dari resiko kecelakaan di jalan,”pungkas AKP Bayu. (Kmto/jati).

Keterangan Gambar : Operasi Zebra yang digelar oleh Sat Lantas Polres Nganjuk mampu menjaring pelanggar lalu lintas