Satpol PP Blitar Siap Tindak Tegas Pamong Blok Nakal

459

ADAKITANEWS, Blitar – Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Blitar diketahui jauh dari target. Hal ini diduga ada oknum pamong blok yang nakal atau menggunakan uang pajak untuk kepentingan pribadi.

Kepala satpol PP Kabupaten Blitar, Suyanto mengatakan, pihaknya siap menindak tegas pamong blok yang nakal atau perangkat desa pemungut PBB yang menggunakan uang pajak. Tetapi hal ini akan dilakukan setelah Satpol PP ditugaskan memantau dan menjemput mereka yang tidak memenuhi panggilan inspektorat untuk proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

“Tentu kita siap menindaknya. Tapi ini akan kita lakukan setelah kita ditugaskan memantau dan menjemput oknum pamong yang nakal karena tidak penuhi panggilan Inspektorat,” kata Suyanto, Rabu (01/11).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Inspektorat bakal memanggil pamong blok yang diduga menggunakan uang setoran warga terkait pembayaran PBB. Rencananya pamong blok itu, bakal di-BAP untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sebab, tindakan itu dinilai telah merugikan Pemkab lantaran pemasukan PBB tersendat.

“Pemanggilan paksa terhadap pamong blok merupakan upaya terakhir yang kita lakukan, jika yang bersangkutan tidak mengindahkan panggilannya inspektorat untuk proses BAP,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, sekaligus Plt Inspektorat Kabupaten Blitar, Totok Subihandono menjelaskan, untuk saat ini pihaknya belum berani melakukan penindakan terhadap oknum pamong blok yang diduga menggelapkan uang PBB karena harus menunggu data dari pihak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar.

“Sampai saat ini Bapenda masih berkomunikasi dengan pihak kecamatan untuk pencapaian atau realisasi masing-masing pamong blok, terutama untuk yang diduga menggelapkan uang pajak,” katanya.

Totok pun menegaskan, pihaknya sudah meminta Bapenda untuk tidak melindungi oknum pamong yang diduga menggelapkan uang pajak agar nantinya tidak terulang lagi kasus semacam ini.

“Saat ini beberapa petugas kita juga sudah mulai melakukan monitoring ke masing-masing desa,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar.(dok. Tim Adakitanews.com)