ADAKITANEWS, Jombang – Pencalonan pasangan Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur Independen untuk Pilkada 2018 di Kabupaten Jombang mulai dilirik. Satu pasangan calon (paslon) sudah terlihat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang.

Informasi yang dihimpun Tim Adakitanews.com dari KPU Kabupaten Jombang menyebutkan bahwa sudah ada paslon yang mendaftarkan diri melalui jalur independen pada Sabtu (25/11) lalu. Paslon tersebut yakni, Abdul Khodir sebagai Cabup dan Arief Anas Affandi sebagai Cawabup.

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang, Ja’far menerangkan bahwa Tim Pemenangan dari paslon tersebut telah menyerahkan surat mandat untuk mendapatkan username dan password.

”Jadi sejauh ini, baru ada satu pasangan calon yang mendaftar dengan menyerahkan surat mandat,’’ ungkap Ja’far saat ditemui Tim Adakitanews.com, Senin (27/11).

Ja’far menuturkan bahwa pasangan calon tersebut memang secara pribadi belum datang ke KPU. Namun hal itu tidak menjadi masalah, karena selama tanggal 25-29 November ini baru dalam tahap penyerahan syarat minimal dukungan. ”Jadi ada tim yang mengatasnamakan Pak Abdul Khodir sebagai Calon Bupati dan Pak Arief Anas sebagai Calon Wakil Bupati. Mereka menyerahkan surat mandat ke kita. Lalu kita berikan username dan password untuk bisa login di Silon,’’ jelasnya.

Setelah mendapat username dan password, lanjut Ja’far, tim pemenangan diharapkan untuk mengunggah syarat minimal dukungan yang telah ditentukan oleh KPU sebanyak 74.383. Setelah itu, KPU memberikan waktu selama tiga hari kedepan untuk menyerahkan berkas fotokopi KTP sesuai syarat dukungan yang diunggah ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). “Pihak paslon harus mengunggah syarat minimal dukungan ke Silon,” paparnya.

Jafar juga menjelaskan, bahwa secara resmi satu pasangan calon tersebut belum bisa dikatakan diterima sebagai pasangan calon. Karena KPU masih akan melakukan tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual dari syarat dukungan yang diserahkan. ”Setelah penyerahan syarat dukungan kita tutup. Kita akan melakukan verifikasi. Jadi nanti ada tahap perbaikan sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon,’’ tandasnya.

Setelah paslon perseorangan dinyatakan lolos tahap verifikasi administrasi. Baru paslon tersebut mendaftarkan diri ke KPU sesuai jadwal tahapan yang dimulai tanggal 8-10 Januari mendatang bersama calon yang daftar melalui partai politik lainnya. ”Untuk pendaftaran calon. Baik independen maupun melalui partai itu dilakukan 8-10 Januari nanti. Meskipun jalur untuk perseorangan sudah dimulai sejak bulan ini,’’ ujar Ja’far.

Dia menegaskan, KPU akan memberikan waktu untuk penyerahan berkas hingga 29 November 2017 sampai dengan pukul 24.00 WIB. Jika dalam waktu itu tim pemenangan Abdul Khodir tidak menyerahkan syarat dukungan maka dipastikan gagal maju ke tahap selanjutnya.

”Waktunya memang mepet. Sampai Rabu 29 November pukul 24.00 WIB, lebih satu hari saja tidak bisa kami proses. Dan juga untuk syarat dukungan minimal adalah 74.383. kurang dari itu, maka kita minta melengkapi,’’ pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Anggota Komisioner KPU Kabupaten Jombang, Ja’far saat ditemui Tim Pemenangan dari Abdul Khodir.(ist)