di Nganjuk Rusak di Terjang Putting Beliung  12 di Nganjuk Rusak di Terjang Putting Beliung  7@dakitanews Nganjuk – Korban puting beliung di Nganjuk, Jawa Timur Rabu pagi bergotong royong dengan TNI, Tagana membersihkan puing-puing rumah yang ambruk setelah diterjang puting beliung Selasa sore kemarin.

Dari data Badan Penannggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) setempat menyebutkan total ada 502 rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Tiupan angina putting beliung menyapu tiga kecamatan diantaranya berasal berasal dari Desa Ngrombot, Kecamatan Patianrowo, warga Desa Mabung, Desa Jambi, Kecamatan Baron, serta Desa Demangan, Desa Sambirejo, Kecamatan Tanjunganom, di tambah lagi di Desa Blitaran, Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.

Para korban, Rabu (26/11) Pagi mulai membersihkan puing-puing rumahnya yang ambruk diterjang angina Selasa (26/11) sore kemarin. Sejumlah rumah warga rata dengan tanah.

Warga dibantu anggota TNI, Tagana, dan Polisi bergotong royong mengevakuasi sejumlah barang milik warga yang tertimbun reruntuhan rumah. Sejumlah barang milik warga, dan pepohonan yang menimpa rumah pakaian hingga surat berharga segera diselamatkan.

Pihak Tagana mendirikan dapur umum di lokasi bencana untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga. Dalam catatan Tagana Kabupaten Nganjuk, jumlah keseluruhan rumah rusak mencapai 502 rumah yang tersebar di empat kecamatan di kabupaten nganjuk.

Terjangan puting beliung yang paling parah di Kecamatan Patianrowo, tepatnya di Desa Ngrombot. sementara tentang adanya kejadian luar biasa masih dirapatkan oleh tim gabungan salah satunya dari BPBD, TRC, Tagana dan Dinas – Dinas terkait di kabupaten nganjuk.

Menurut keterangan Edi Darianto, Koordinator Tagana kabupaten Nganjuk rincian dari 502 rumah rusak terbagi, roboh, rusak berat, sedang, rusak ringan, dengan wilayah kejadian, Kecamatan Baron, Kecamatan Tanjunganom, Kecamatan Sukomoro, dan yang terparah di Kecamatan Patianrowo.

Lebih lanjut pihak tagana memprediksi di Nganjuk ada delapan kecamatan yang rawan terhadap bencana angin putting beliung. Tagana menghimbau warga yang berada di delapan kecamatan rawan putting beliung waspada saat memasuki awal musim penghujan. (Jati)

Keterangan Gambar : Aparat dari Polres, TNI, Tagana dan BPBD Nganjuk bantu warga membenahi rumahnya setelah diterjang puting beliung