ADAKITANEWS, Sidoarjo – Persatuan Pekerja Buruh Sidoarjo (PPBS) dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) akan bergabung dalam memperingati May Day, Senin (01/05) mendatang. Mereka akan memadati kantor Gubernur Jawa Timur, yang menjadi pusat peringatan May Day.

Presidium PPBS Sidoarjo, Soekardji mengatakan, pada peringatan hari buruh sedunia yang jatuh pada 1 Mei nanti, buruh tetap akan melakukan aksi turun jalan dan dipusatkan di kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Surabaya. “Sekitar 12 ribu buruh dari Sidoarjo akan bergabung dengan buruh seluruh Jawa Timur,” kata Soekardji.

Soekardji menambahkan, ribuan buruh dari Sidoarjo rencananya akan berkumpul di Alun-Alun Sidoarjo pada pukul 06.00 WIB, kemudian bersama menuju Surabaya, selanjutnya longmarch dari Jalan Bubutan Surabaya menuju ke kantor Gubernur Jawa Timur. “Selain orasi, nanti juga akan ada teatrikal disana,” ujarnya.

Pada perayaan May Day kali ini, ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan buruh kepada Gubernur Jawa Timur. Diantaranya menolak upah murah, baik melalui revisi Perbub Nomor 6 Tahun 2017 tentang UMSK Jatim, dan mencabut PP Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Tidak hanya itu, kalangan buruh juga meminta untuk menghapus sistem outsourching, dan meningkatkan mutu pelayanan BPJS Kesehatan.

Secara Nasional buruh juga meminta rekomendasi Presiden RI, Joko Widodo dan Mahkamah Agung RI tentang pencabutan PP Nomor 78 tahun 2015, dan menolak revisi UU Nomor 14 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

“Secara nasional tuntutan kita hampir sama. Hanya ada beberapa tuntutan yang dikhususkan kepada Gubernur Jatim,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Presidium PPBS Sidoarjo, Soekardji.(ist)