ADAKITANEWS, Jombang – Peristiwa kecelakaan bus Mira jurusan Surabaya-Yogyakarta yang terjadi di jalan nasional Desa Jogoloyo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang pada Kamis (07/09) pukul 04.30 WIB, menuai kemacetan hingga malam hari.

Kemacetan yang terjadi itu diakibatkan karena sulitnya proses evakuasi bus dengan nomor polisi S 7823 US. Bahkan, evakuasi tersebut berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.

Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Prada saat dikonfirmasi mengatakan, lamanya evakuasi hingga larut malam dikarenakan adanya kendala saat proses menaikkan bangkai bus. “Saat evakuasi bus memang terdapat kendala karena posisi badan bus yang sulit untuk dinaikkan, sehingga harus mencoba berkali-kali dengan menggunakan 2 mobil derek,” ungkapnya.

Sementara itu, imbas dari kecelakaan tersebut membuat kemacetan hingga malam hari. Membutuhkan waktu lama bagi para pengguna jalan untuk menembus kemacetan.

“Memang kemacetan yang disebabkan proses evakuasi bus tersebut mengakibatkan sejumlah kendaraan harus menempuh waktu 30 menit hingga 40 menit dari titik stagnasi. Anggota kami juga sempat melakukan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan,” ujar AKP Inggal.

Untuk diketahui, Bus Mira jurusan Surabaya-Yogyakarta yang berisi 10 orang penumpang itu mengalami kecelakaan pada Kamis dini hari lantaran menabrak truk yang berada di depannya. Bus yang melaju dari arah timur atau Surabaya dan menuju barat arah Jombang, tiba-tiba menabrak truk yang saat itu melaju pelan di lajur sebelah kiri. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sementara truk yang ditabrak, telah meninggalkan lokasi saat kejadian.(ar)

Keterangan gambar: Proses evakuasi Bus Mira di jalan nasional Peterongan Jombang dan suasana kemacetan.(foto:adi rosul)