history_rc_car
ADAKITANEWS. Semua orang pasti tahu RC Car atau yang lebih dikenal mainan hobi remote control mobil balap. Ternyata sejarah balap mobil RC sudah dimulai dari awal abad lalu, oleh organisasi clockwork pada tahun 1920-an dan sudah berjalan pada acara untuk balapan mobil  khusus untuk sebuah mobil mainan yang diputar. Pada tahun 1936 Association Model Mobil Balap dibentuk di Inggris dan dipenuhi mobil dengan sumber tenaga karet seperti jarum jam. Dari  model itu menunjukkan bahwa mobil 4WD ban karet bisa mempercepat kecepatannya sampai 40 mph dalam waktu kurang dari 3 detik. Berat mobil biasanya 3 pon, setengah dari mobil tenaga karet. Mobil-mobil akan bergerak dan berjalan lurus hingga garis finish.

history_rc2

balapan mobil clockwork

Dalam beberapa tahun, di Amerika, mesin bensin miniatur sedang dimasukkan ke dalam mobil, tetapi kebutuhan yang lebih besar untuk kontrol diperlukan. Sirkuit dengan konstruksi circular kabel (tether) dibangun dan dengan kecepatan mencapai 60 mph di tahun 1940. Kit mobil-mobil Amerika cenderung akan diproduksi oleh perusahaan seperti Bros Dooling dan Ohlsson & Rice.

Pada akhir tahun 1960 miniatur mobil padat menggunakan system radio control diperkenalkan. Model ini telah dilengkapi dengan servo-controlled steering, pedal gas (throttle) dan rem yang dapat dikendalikan menggunakan radio control. Beberapa tahun berikutnya yaitu pada 1966, mobil radio control (RC car) yang layak secara komersil diluncurkan ke pasar. Mobil mobilan itu diproduksi oleh El-Gi (Elettronica Giocattoli), sebuah perusahaan asal Reggio Emilia, Itali. Model RC Car pertama mereka adalah 1:12 Ferrari 250LM. Kemudian diikuti oleh model 1:10 Ferrari P4 yang pertama kali ditampilkan ke public pada acara Milan Toy Fair tahun 1968.  Pada pertengahan hingga akhir tahun 1960, sebuah perusahaan Inggris yang bernama Mardave mulai memproduksi secara komersial model-model mobil remote control (RC Car). Produk pertama mereka adalah model bertenaga gas dan nitro yang terjual awal 1970.

Selama periode tersebut beberapa produk RC Car komersil mulai diproduksi oleh bebrapa perusahaan kecil di Amerika. Kebanyakan perusahaan ini memulai bisnis mereka sebagai vendor mobil slot dan kemudian berubah haluan sebagai penjual RC car yang semakin populer saat itu. Kit pertama yang diproduksi adalah 1/8 scale nitro-powered alumunium flat pan cars yang menggunakan engine a.21 atau mesin yang lebih kecil dengan bodi yang dibuat dari polycarbonate.

Pada tahun 1976, perusahaan Jepang Tamiya meluncurkan serangkaian model yang lebih detail namun menggunakan mekanik elektrik sederhana. Dengan harga yang lebih mahal, kit-kit keluaran Tamiya yang menggunakan system radio ini terjual dengan cepat. Selanjutnya Tamiya mulai memproduksi model-model RC car yang dapat dirangkai dengan tujuan-tujuan tertentu, yang juga merupakan model pertama menggunakan system suspense asli. Dengan system ini RC car dapat dikendalikan secara virtual.

history_rc1Sementara itu, di Inggris, justru menunjukan kehandalannya dalam hal ini pada keterampilan rekayasa pemodel dan membangun mobil. Saat ini mobil dari jaman tersebut diburu dan dijadikan barang koleksi bagi penyukanya atau kolektor. Munculnya keinginan untuk balapan dengan beberapa mobil, ditambah dengan munculnya mesin kecil, dari 1 sampai 2.5cc, mengakibatkan Trek Rail dan Mobil Rail. Trek terdiri dari satu bagian rel dan mobil-mobil akan duduk di atasnya, satu mobil per rel.

Beberapa mobil dari periode ini adalah mobil balap arguably, model mobil yang paling elegan yang pernah diproduksi. Tether balap mobil berlanjut hingga hari ini dan mereka adalah mobil model tercepat dari semua jenis. Dari mobil rel dengan mesin pembakaran internal dianjutkan dengan mobil tenaga listrik. Mengontrol kendaraan dengan radio kontrol mungkin ada di pertengahan 1950-an tapi itu belumlah sempurna. Perintah dikirim ke kendaraan hanya memungkinkan untuk berbalik sepenuhnya satu arah atau yang lain alias maju dan mundur. Dengan unit radio di pertengahan-60an yang tersedia, mampu memberikan kontrol proporsional. Input kemudi yang presisi tepat dan kemampuan mengontrol kecepatan. Akhirnya setelah hampir setengah abad impian penggemar mobil model terwujud dengan adanya balapan sesama mobil model.

history_rc3Balap mobil RC sendiri dimulai di Amerika Serikat pada akhir tahun 1960. Tepatnya kapan masih belum jelas. Apa yang diketahui adalah bahwa di tahun1968 ROAR memegang kejuaraan nasional di Amerika Serikat. Meskipun pertemuan lomba pertama di Inggris diadakan di 1971, itu adalah tahun lain sebelum BRCA dibentuk. Para BRCA menggunakan buku peraturan ROAR sebagai pedoman. Di AS ada proliferasi mobil, di tahun 1969/70 mobil kit (dirakit) telah tersedia. Beberapa produsen berasal dari daerah lain di dunia. Model Dinamyc misalnya, berasal dari mobil slot, dan beberapa masih baru dengan hobi. Jumlah mobil yang tersedia memberikan gambaran yang menggembiraan untuk olahraga baru yang dihasilkan. Kit datang dari seperti Dynamic, Delta, Citizenship, Heathkit, Ra-Car, Associated, Kyosho, Mardave, PB, Thorp dan yang terkenal bernama Aluminium Khusus Reynolds.

Desain dari mobil bervariasi. Beberapa cukup rumit dan mesin terhubung ke gearbox operasional dan memiliki suspensi dasar. Lainnya sederhana chassis dengan konfigurasi mesin Sidewinder menggerakkan langsung ke gigi terhubung pada poros belakang atau pada salah satu roda belakang. Hampir semua memiliki cengkeraman sentrifugal. Hal ini menjadi kebutuhan ROAR tapi Dinamyc menghasilkan sebuah mobil yang memiliki torque converter dengan roda gigi epicyclic yang dioperasikan oleh tuas, untuk memberikan dorongan. Seiring waktu, agar mesin menghasilkan tenaga lebih, tetapi lebih mungkin pada biaya pembuatan, desain chassis lebih kearah Flat / Sidewinder (datar). Pada pertengahan 1970-an model datar menjadi desain tertinggi dan digunakan hingga tahun 1980.

history_rc4Pada pertengahan hingga akhir 1970-an desain chassis terdiri dari fiber glass. Chassis utama dihubungkan ke sebuah pod (aluminium) untuk dipasangkan mesin dan poros belakang. Sebuah bagian radio dipasangkan di atas chassis pada blok, dan juga tangki bahan bakar 125cc. Bagian radio dapat dipasang erat ke sasis atau diamankan dengan grommet karet dengan sekrup untuk modikasi atau penyesuaian. Penyempurnaan bertahap diawali dengan adanya ball bearing, rem cakram , tangki bahan bakar plastik, as roda belakang dan knalpot yang bisa disetel. Digunakannya Roda gila / kopling dengan unit yang lebih kecil dan PTFE . Evolusi dari jenis sasis ini dihentikan pada tahun 1980 dengan pengenalan pertama dari suspensi mobil baru. Hingga saat ini RC Car terus berkembang dengan teknologi yang jauh lebih canggih. Skala pun sangat beragam dari skala 1:64 sampai skala 1:5. (FL)