width=

2016-06-06_11.58.16ADAKITANEWS, Madiun – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten dan Kota Madiun menyambut positif langkah Bank Indonesia wilayah kerja Kediri yang telah menyiapkan penukaran uang baru pecahan kecil untuk menghadapi Idul Fitri. Para pejabat teras Madiun itu, berjanji akan memberikan tempat khusus penukaran uang baru di area keramaian publik maupun di dalam lingkungan pemerintah.

Pantauan adakitanews.com, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kediri-Madiun menyiapkan triliunan uang baru untuk menghadapi lebaran nanti. Jumlah yang disiapkan pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun 2015 lalu.

“Kami (BI Kediri,red) tahun lalu menyiapkan uang baru senilai Rp 4,3 triliun, untuk lebaran tahun ini, 2016, kami siapkan Rp 6 triliun. Peningkatan ini untuk mengcover tingginya permintaan penukaran uang baru di Kota dan Kabupaten Madiun,” ungkap Djoko Raharto, Kepala Kantor┬áPerwakilan BI Kediri-Madiun, Senin (06/06).

Ia mengatakan, selama ini penukaran uang baru dilakukan menjelang lebaran dicover olehpihak perbankan dan ada penukaran jasa uang baru di pinggir jalan. Khusus penukaran uang baru di jalan, memakai sistem Rp 100 ribu ditukar uang pecahan baru senilai Rp 90 ribu. “Bahkan, jasa penukaran uang baru itu menggunakan wanita cantik,” ujarnya.

Guna memberikan pelayanan terbaik dan sesuai syariat agama, tambahnya, BI menyiapkan armada khusus untuk penukaran uang baru di Kota dan Kabupaten Madiun. Tempat penukaran uang pecahan baru akan dilaksanakan di tempat-tempat keramaian publik. “Kami menilai penukaran uang baru di kedua daerah tergolong tinggi. Jika dipandang perlu penukaran uang baru, kami percepat mulai 8 Juni nanti,” ujar Djoko Raharto.

Menanggapi penukaran uang baru itu, Sekda Kota Madiun Maidi dan Sekda Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto menyambut baik langkah BI Perwakilan Kediri-Madiun itu. “Kami bisa siapkan sejumlah lokasi untuk penukaran uang baru seperti di Puspem Mejayan atau lainnya,” ujar Tontro.

Apa yang dilakukan oleh BI, menu rut Maidi, sebagai langkah baik, sebab selama ini sebagian warga Kota Madiun melakukan penukaran melalui jasa penukaran uang baru untuk lebaran di jalanan. “Kami sambut baik langkah BI itu, kami juga siap memberikan tempat khusus,” tandasnya.(UK)

Keterangan Gambar: Kepala Kantor Perwakilan BI Kediri-Madiun Djoko Raharto saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: Agoes Basoeki)